Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalContoh Essay Deskripsi Diri untuk PPPK Guru 2022 Lengkap, Cek di Sini!

Contoh Essay Deskripsi Diri untuk PPPK Guru 2022 Lengkap, Cek di Sini!

Bogordaily.net – Ini adalah contoh essay deskripsi diri untuk PPPK Guru 2022 saat mendaftar di sscasn.bkn.go.id. Ada beberapa contoh essay yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang akan mendaftar.

Essay deskripsi diri merupakan salah satu syarat untuk mengikuti pendaftaran , setelah sebelumnya pembukaannya resmi dibuka mulai Senin 31 Oktober 2022.

Pendaftarannya melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di sscasn.bkn.go.id.

Tahapannya antara lain, pendaftaran akun, pengisian biodata, memilih jenis seleksi dan formasi, pengisian riwayat hidup hingga mengunggah dokumen.

Pada tahapan pengisian riwayat, pelamar diharuskan mengisi riwayat hidup yang meliputi deskripsi diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, hingga pengalaman kursus atau pelatihan.

Pengisian deskripsi diri terkadang membuat pelamar kebingungan mengenai apa saja yang perlu ditulis dan dimasukkan.

Contoh deskripsi diri untuk PPPK Guru 2022.

Pada kolom yang tersedia untuk mengisi deskripsi diri, pelamar diharuskan menuliskan sebuah essay yang menggambarkan sosok diri pelamar.

Adapun yang hal yang harus dituliskan yakni berkaitan dengan bidang pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat.

Pelamar bisa menuliskan essay tentang deskripsi diri itu maksimal 3000 karakter.

Contoh 1

Nama saya (tuliskan nama Anda), seorang pendidik yang mengajar di Sekolah Dasar (sebutkan nama sekolah) .

Saya lahir di (tuliskan tanggal dan tempat lahir dan tahun lahir Anda) dan telah mengajar di SD tersebut selama lima tiga tahun. Dalam menjalankan tugas, saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semangat tinggi dalam mengajar.

Hal itu dibuktikan dengan kedekatan antar guru ataupun dengan anak-anak didik. Dalam mengajar saya berupaya mewujudkan suasana yang menyenangkan, menarik serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Hal ini saya lakukan dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Selama di lembaga, saya juga terus menjaga dan memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan bersama.

Contoh 2

Nama saya (tuliskan nama Anda), lahir di Blitar pada 13 September 1998. Saya adalah seorang guru di SD Kabupaten Blitar, tepatnya di SDN (sebutkan sd tempat Anda mengajar).

Berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar sembilan tahun SD tersebut.

Selama bertugas di sana, saya pernah menjadi wali kelas selama tiga tahun untuk kelas tiga dan empat tahun untuk kelas lima. Sisanya yakni sebagai guru biasa, yakni saat awal-awal mengajar di sana, pada 2013 silam.

Selama mengajar di sana, saya banyak berkolaborasi dengan para guru lain untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Salah satu program yang yang kami terapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran di alam dengan mengaktifkan media pembelajaran lingkungan sekitar.

Tujuannya yakni, agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja.

Program ini membuahkan hasil, ditunjukkan dengan penilaian formatif dan sumatif, nilai siswa tersebut menjadi lebih baik. Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, yang diikuti oleh anak-anak usia pra sekolah dasar.

Di sana, mereka bisa bermain sambil belajar dengan cara membaca dan mewarnai hewan kesukaannya.

Lingkungan sekitar mengapresiasi kegiatan ini, mereka juga banyak menyumbang buku bacaan dan buku gambar untuk diwarnai anak-anak.

Aktivitas tersebut dapat membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru.

Sehingga menjadi lebih terasah dan banyak menemukan ide yang bisa digunakan untuk pembelajaran untuk siswa.

Menurut saya, seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi dalam menyampaikan materi.

Demikian contoh ‘Contoh Essay Deskripsi Diri untuk PPPK Guru 2022'. Semoga bermanfaat, terima kasih.***

Disclaimer: Deskripsi diri di atas hanya contoh. Penulisannya bisa disesuaikan dengan kehidupan nyata keseharian masing-masing pelamar.

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here