Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorCurhat Warga Jampang Soal Siaran TV Analog ke Digital: Belum Punya Set...

Curhat Warga Jampang Soal Siaran TV Analog ke Digital: Belum Punya Set Top Box, Anak Nangis Tak Bisa Nonton

Bogordaily.net– Siaran menjadi atau Analog Switch Off (ASO) resmi diberlakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Namun, peralihan siaran ke ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Warga Gang Balong, Desa Jampang Kecamatan Kemang, , Nursari salah satunya. Ia menilai kebijakan tersebut merepotkan masyarakat kurang mampu apalagi di usia lanjut.

Wanita yang disapa Sari ini mengatakan setelah migrasi ke digital ia dan anak-anaknya sudah tidak bisa menikmati siaran . Apalagi dirinya belum memiliki Set Top Box (STB).

“Sekarang belum adanya STB enggak bisa nonton TV. Biasanya pagi, siang, dan malam itu selalu liat TV. Bahkan anak saya sekarang ketika ingin nonton acara atau film kartun enggak bisa liat lagi dan nangis,” kata Sari kepada wartawan.

Padahal sejak wacana peralihan TV analog ke , pemerintah desa sudah mendata dan meminta beberapa berkas seperti Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Padahal sudah didata sejak empat bulan lalu sudah dipinta KK sama KTP tapi belum dapat STB, kalau yang lain katanya sudah ada yang dapat,” katanya.

Sebelumnya diberitakan siaran menjadi atau Analog Switch Off (ASO) resmi diberlakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di wilayah Jabodetabek, Kamis, 3 November 2022 dini hari.

Kebijakan ASO ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja Pasal 78 Angka 3 Sektor Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan Indonesia sudah memulai hal baru dalam sejarah pertelevisian.

Menurutnya, perjalanan ASO ini panjang dan berliku. Ada silang pendapat hingga pro kontra terkait kebijakan itu.

“Namun tujuan kita sama agar pertelevisian nasional kita menyediakan layanan terbaik,” ujarnya.

Kantor Kominfo juga memperlihatkan beberapa channel TV di Indonesia yang dibedakan dalam kategori analog dan digital. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here