Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorDDII dan Kalam TV Gelar Kelas Jurnalistik Pengurus Majlis Talim di UIKA...

DDII dan Kalam TV Gelar Kelas Jurnalistik Pengurus Majlis Talim di UIKA Bogor

Bogordaily.net–  Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Bogor bekerjasama dengan Kalam TV menggelar Kelas Jurnalistik Islami untuk pengurus Majelis Taklim di kota dan Kabupaten Bogor.

Kelas Jurnalistik berlangsung di Kantor Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia (BKsPPI), Jalan KH Soleh Iskandar, komplek Kampus Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu, 12-13 November 2022.

Kelas Jurnalistik Islami menghadirkan empat narasumber yakni Ustaz Abdul Halim (Ketua DDII Kota Bogor), Otto Ahmad Gozali (Pimpinan Kalam TV), Syaiful Falah (Redaktur Suara Islam) dan Syifa Faradilla (Produser Dakta FM).

Adapun materi yang diberikan adalah pengenalan cara video steraming, menulis berita dan pers rilis, public speaking serta pentingnya dakwah melalui media.

Kelas Jurnalistik Islami dibuka oleh Ketua DDII Kota Bogor Ustaz Abdul Halim. Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan jurnalistik dan public speaking para anggota Majelis Taklim di Kota Bogor.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini mampu memberikan kemampuan dalam membuat reportase kegiatan serta memotivasi sehingga ada keberanian untuk bicara di depan orang banyak,” ujarnya saat membuka kegiatan.

Ustaz Halim berpesan agar menjadikan kemampuan jurnalistik serta public speaking untuk mengembangkan dakwah.

Sementara itu Pimpinan Kalam TV, Otto Ahmad Gozali memberikan materi video streaming. Dengan kemampuan video streaming, ia berharap setiap kegiatan majelis taklim itu bisa diliput sehingga video kajian bisa dilihat oleh orang banyak.

Kalam TV merupakan channel dakwah yang bersinergi dengan sejumlah majelis taklim di Bogor, setiap pekannya sekitar tiga puluh majelis ilmu yang ditayangkan melalui Kalam TV.

Untuk meteri menulis berita dan pembuatan pers rilis dibawakan oleh Syaiful Falah, jurnalis media Suara Islam. Ia menyampaikan pentingnya berdakwah melalui media.

“Dengan kemampuan jurnalistik, setiap peserta bisa membuat berita kegiatan majelis taklimnya masing-masing, sehingga syiar dakwah semakin luas,” ujarnya.

Narasumber lain dalam pelatihan ini adalah Syifa Faradilla, Produser Senior Radio Dakta itu menyampaikan trik dan tips public speaking di antaranya bagaimana membangun percaya diri, rilek, fokus dan sebagainya.

“Selain membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi, public speaking juga membutuhkan penguasaan materi dan cara berkomunikasi yang baik,” ujar Syifa, penyiar radio yang juga berpengalaman menjadi MC di berbagai acara.

Puluhan peserta yang terdiri dari perwakilan majelis taklim di Bogor tampak antusias dan sangat terbantu dengan adanya pelatihan jurnalistik ini.

“Alhamdulillah acara ini sangat bermanfaat dan berkesan. Semoga kegiatan seperti ini bisa diadakan kembali lagi secara berkelanjutan,” ujar Chandra, perwakilan Majelis Taklim Nursynah Bogor. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here