Sunday, 5 May 2024
HomeKabupaten BogorDi Bojonggede, Selokan Disulap Jadi Tempat Budidaya Ikan

Di Bojonggede, Selokan Disulap Jadi Tempat Budidaya Ikan

Bogordaily.net–  Pemerintah Desa bersama kepolisian dan TNI AD mengubah selokan yang awalnya kering penuh sampah kini menjadi tempat budidaya ikan konsumsi, seperti ikan mujair, emas dan bawal. Konsep yang digagas Bhabinkamtibmas bersama pemerintah desa tersebut sebagai wujud untuk mencegah inflasi.

Kepala Desa Dede Malvina mengaku senang lantaran warganya menjalankan peran dengan baik. Terlebih, kata Dede warganya mampu menyulap saluran air yang sudah mati menjadi sesuatu hal yang bermanfaat.

“Untuk di Desa ada peternakan ayam dan budidaya ikan nila dan emas. Keunikan di Kampung Pos RW 1 ini mengedepankan saluran air yang sudah mati dihidupkan kembali supaya tidak ada sampah. Ini dijadikan kolam ikan sepanjang 600 meter,” kata Dede Malvina kepada wartawan, Kamis 17 November 2022.

Ia menegaskan, kampung yang dijadikan tak terlepas dari binaan Bhabinkamtibmas Polsek Bojonggede.

“Ini kampungnya salah satu binaan Bhabinkamtibmas. Program ini seluruhnya menggunakan dana desa. Untuk ikan kita beli 11 ribu ekor dan ayam tiga ribu ekor,” jelasnya.

Terkait antisipasi ikan hilang, Dede Malvina menyebut jika kelompok desa sudah menunjuk petugas yang diberi kepercayaan.

“Kalau untuk ikan hanyut itu sudah diantisipasi, sudah dibikin jaring dari hulu ke hilir. Kalau untuk kontrol air di sini ada dua petugas,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Bojonggede, AKP Dwi Siswanto mendukung konsep yang tengah dijalankan.

“Kami Kepolisian Sektor Bojonggede sangat mendukung apa yang sudah dibuat Kepala Desa Bojonggede dan bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas kami. Sama-sama memelihara juga,” bebernya.

AKP Dwi Siswanto tak menampik jika konsep merupakan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Ini instruksi juga dari bapak Presiden Jokowi, dari tingkat desa digerakkan, ini sebagai bentuk antisipasi inflasi di tingkat desa apabila terjadi krisis moneter,” ungkapnya.

Agar konsep terus berjalan, AKP Dwi Susanto meminta Bhabinkamtibmas terus menjalankan peran dengan baik.

“Harapan kepada Bhabinkamtibmas selalu menjaga, berpatroli dan berkomunikasi kepada masyarakat,” harapnya. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here