Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorDitertibkan Satpol PP, Begini Nasib PKL Stadion Pakansari

Ditertibkan Satpol PP, Begini Nasib PKL Stadion Pakansari

Bogordaily.net–   Para Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar , Kecamatan  kembali ditertibkan petugas Satuan Polisi Pamong Praja () Kabupaten Bogor, pada Rabu 9 November 2022.

Pantauan Bogordaily.net, kondisi di lokasi terlihat sepi meski masih ada segelintir PKL yang masih menjajakan dagangannya di area .

Salah satu PKL di Agus mengaku terpaksa masih berjualan di karena untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Ia pun kini berjualan dengan berpindah-pindah lokasi.

“Iya kita berjualan di sini sekarang paling kucing-kucingan sama . Kita tahu memang melanggar tapi mau gimana lagi namanya kita berjualan mencari uang buat kebutuhan hidup,” ujar Agus kepada Bogordaily.net, Rabu 9 November 2022.

Ia berharap agar nantinya para PKL dapat diberikan tempat untuk berjualan tanpa harus melanggar aturan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Kita jualan jadinya kalau sekarang ya bingung mau ke mana, tapi semoga saja nantinya kita dikasih tempat buat berjualan di sekitar sini,” jelasnya.

Sebelumnya Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Cecep Iman Nagarasid, mengatakan, penertiban tersebut merupakan penindakan atas gangguan ketentraman dan ketertiban umum.

“Sudah dilakukan penertiban semenjak hari Sabtu. Ada kurang lebih 300 PKL ditertibkan ,” kata Cecep kepada wartawan, Senin 7 November 2022.

Iman menjelaskan, PKL yang disasar petugas untuk ditertibkan yakni PKL yang berjualan di bahu jalan dan trotoar. Agar tidak kembali berjualan di kawasan tersebut, dia mengerahkan, personel untuk melakukan pengawasan.

“Pengawasan pasca penertiban dilakukan bisa dua hingga tiga shift,” imbuhnya.

Iman mengatakan, penertiban diawali dengan penyisiran PKL mulai dari Jalan Edy Yoso Martadipura, lingkar , hingga jalan alternatif . Selain itu, petugas juga melakukan teguran kepada PKL serta pemutusan kabel listrik milik PKL di area tersebut.

Menurutnya, selama kegiatan penertiban berjalan lancar, aman dan kondusif. Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan tahapan sosialisasi kepada masyarakat.

Tak hanya itu saat rapat koordinasi, Kabupaten Bogor juga mengundang RT/RW, tokoh masyarakat, termasuk perwakilan para pedagang setempat.

“Sosialisasi kemarin itu sudah cukup menurut saya, karena semua unsur yang terlibat kita undang semua. Kemarin saya tegas bicara, kami akan melakukan langkah penertiban terhadap para PKL yang ada di lingkup Pakansari,” ujar Cecep.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menegaskan PKL dilarang untuk berjualan di sekitar Stadion Pakansari. Ia mempertanyakan, mengapa ada pembiaran PKL yang membuat kawasan stadion menjadi kumuh dan tidak nyaman.

“Sebetulnya nggak boleh, makanya waktu itu saya zamannya itu, saya sekarang mempertanyakan kenapa ada pembiaran. Itu kan bikin kumuh ya, dan tidak nyaman aja. Nanti akan kita evaluasi dari ,” tegasnya. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here