Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorHUT ke-51 Korpri, Pemkab Bogor Kembali Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

HUT ke-51 Korpri, Pemkab Bogor Kembali Galang Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

Bogordaily.net – Peringatan HUT ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tingkat Kabupaten Bogor tak hanya diisi upacara dan perlombaan. Momen tersebut juga dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk kembali menggalang donasi untuk korban Gempa Cianjur.

Di hadapan para Aparatur Sipil Pemerintah (ASN), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor meminta para SKPD terus mengumpulkan donasi untuk membantu warga terdampak gempa Cianjur. Nantinya, akan didata SKPD mana saja yang sudah mengumpulkan bantuan.

Di tempat yang sama, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan juga mengajak ASN, pengusaha dan seluruh elemen masyarakat lainnya tidak berhenti membantu Korban gempa Cianjur. Musababnya, penanganan pasca-bencana memerlukan waktu yang panjang dan sinergi serta kolaborasi berbagai pihak.

Menurut Iwan Setiawan, berkaca pada bencana besar yang terjadi di Kabupaten Bogor beberapa tahun lalu, butuh waktu cukup panjang untuk pemulihan pasca-bencana. Bahkan bisa mencapai waktu hingga tahunan dengan anggaran yang tentunya tidak sedikit.

“Salah satunya itu membangun hunian tetap (huntap), apalagi informasinya ada 57 ribu huntap yang harus disediakan bagi Korban gempa Cianjur ini. Pengalaman pembangunan rehabilitasi huntap untuk 3.500 unit dengan anggaran APBD saja tidak cukup, belum lagi jembatan dan jalan hingga ratusan miliar, maka kami libatkan anggaran BNPB, kementerian dan lainnnya karena penanganan pasca-bencana ini tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi harus kolaborasi dan gotong royong dengan semua pihak,” kata Iwan usai Upacara Peringatan HUT ke-51 Korpri di Stadion Pakansari, Selasa 29 November 2022.

Untuk itu, kepedulian yang diberikan lewat bantuan-bantuan diharapkan tidak hanya berlangsung awal bencana saja. Semua harus terus bergandengan tangan untuk meringankan dan mempercepat proses pemulihan.

“Kami imbau kepada ASN, kepada masyarakat juga jangan hanya 1-2 bulan semangat memberikan bantuan, tapi terus lakukan, mudah-mudahan bisa meringankan,” harapnya.

Sebelumnya, Iwan Setiawan juga menyalurkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, instansi, pengusaha, hingga masyarakat Kabupaten Bogor.

Bantuan diangkut menggunakan enam truk dan 12 mobil pikap berisi bahan makanan, perlengkapan medis, hingga peralatan tidur seperti tenda dan selimut. Secara simbolis juga diserahkan bantuan uang tunai sebesar Rp300 juta.

Bantuan diterima langsung Asisten Ekbang Pemkab Cianjur, Budi Rahayu Thoib di Pendopo Bupati Cianjur. Menurut Iwan Setiawan, bantuan ini dilakukan disalurkan untuk membantu memenuhi kebutuhan warga Korban gempa Cianjur.

“Kami mewakili masyarakat Kabupaten Bogor datang untuk menyampaikan bantuan yang dikoordinir di Bogor. Kami bantu kebutuhan yang sifatnya instan seperti selimut, tenda, terpal, kasur, sarung dan lainnya. Ada bantuan dari empat RSUD yang ada di Kabupaten Bogor seperti infus, alat jahit, perban, obat-obatan, serta uang tunai,” ujar Iwan Setiawan.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here