Thursday, 16 May 2024
HomeKota BogorJabar Bergerak Kota Bogor Sosialisasi Program Serbukatif di SDN Polisi 4 

Jabar Bergerak Kota Bogor Sosialisasi Program Serbukatif di SDN Polisi 4 

Bogordaily.net–  bersama Dinas Pendidikan (Disdik) mensosialisasikan program Seribu Kata Positif atau ‘Serbukatif' di SDN Polisi 4 , Selasa, 22 November 2022.

Ketua , Yantie Dedie Rachim mengatakan, sosialisasi ini merupakan sosialisasi kelima. Ia berharap kegiatan ini menjadi ikhtiar dalam pembekalan anak-anak berkata positif dan berperilaku positif.

“Program ini bisa diserap oleh seluruh sekolah di dan tentunya ini harus didukung juga oleh Pemkot Bogor dan orang tua,” ujar Yantie.

Ia menjelaskan, kegiatan ini adalah kegiatan di bidang pendidikan. Meski sosialisasi ini masih dilakukan ditingkat SD, Yantie menginginkan program ini bisa dinaikan ke tingkat SMP dan SMA.

“Harapannya kami ingin menciptakan generasi emas di tahun 2045, mudah-mudahan 20 tahun ke depan anak-anak yang mengikuti serbukatif bisa menjadi anak pelopor di generasi mereka. Tentunya nanti mereka menjadi generasi yang berakhalakul kharimah dan memiliki perilaku serta kata-kata positif,” jelasnya.

Kepala Disdik Hanafi menambahkan, kegiatan ini memberikan pembelajaran kepada anak untuk berkata positif, secara seremonial. Seribu kalimat positif yang memang cukup banyak, setiap saat anak harus bisa bertutur kata positif.

“Karena anak-anak kita ini sudah banyak dipengaruhi oleh pergaulan dan media sosial (medsos). Sementara acara dan konten di medsos tidak semua memberikan pembelajaran positif kepada anak-anak, tidak semua game memberikan pembelajaran positif kepada anak-anak,” ujarnya.

Maka dari itu anak-anak perlu diingatkan dan dibimbing dan diarahkan. Kegiatan ini sosialisasi juga untuk membina anak berkata positif. Sebab, sumber objek paling strategis untuk mensosialisasikan Serbuaktif adalah di sekolah.

“Kita mengingatkan mereka misalnya anak ini mau sekolah dia harus menuliskan kata positif baik dirinya ataupun orang tuanya. Kemudian dibawa ke sekolah, disampaikan dan ditanya oleh gurunya. Lalu ditempelkan di sekolah. Saat jam masuk dan pulang oleh guru diingatkan, hal ini harus masif dilakukan agar tertanam di dirinya mereka. Bahasa positif itu central dari tanggung jawab mereka, ini merupakan tanggung jawab semua pihak. Di sekolah kepala sekolah dan guru, di rumah orang tua dan diluaran rumah tanggungjawab masyarakat,” paparnya.

Hanafi mengatakan, bahasa positif ini harus dilakukan di sekolah dan di rumah. Karena itu harus bisa berjalan sama-sama. Selain itu, orang tua juga harus selalu mengingatkan kepada anaknya.

“Sehingga kedepannya karakter anak bangsa yang diharapkan oleh masyarakat dan kita ini terwujud. Harus dimulai sejak dini mulai TK hingga SMA maupun kuliah nanti,” tutupnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here