Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaJarang Diketahui, Ini Manfaat Rutin Mengkonsumsi Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Rutin Mengkonsumsi Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Bogordaily.net – tak hanya digunakan untuk keperluan memasak. Ada beragam yang juga baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Beberapa ahli percaya bahwa dapat memberikan kesehatan selama dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. gunanya untuk apa? Berikut ini potensi khasiat untuk kesehatan yang dilansir dari Sehatq.

1. Membuat rambut berkilau

Beberapa orang percaya, mengoleskan ke rambut akan membuatnya lebih berkilau dan terlindungi dari kerusakan. Minyak ini dinilai dapat menyerap ke kulit kepala dan lebih baik dari jenis minyak dari mineral.

Meski begitu, minyak kelapa ini sepertinya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Jika Anda ingin mencoba, tentu tidak ada salahnya. Namun, ada baiknya Anda mencari tahu kecocokan jenis rambut Anda terhadap perawatan dengan minyak kelapa.

2. Melembapkan kulit

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembap yang baik untuk kaki, tangan, dan siku Anda. Minyak ini juga dapat digunakan untuk pelembap wajah bagi Anda yang memiliki tipe kulit yang kering.

minyak kelapa untuk kulit tidak hanya berhenti di situ. Bahan ini ternyata juga dinilai dapat membantu memperbaiki tumit yang pecah-pecah. Untuk melakukan perawatan tersebut, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa ke tumit sebelum tidur, lalu gunakan kaus kaki. Ulangi metode ini hingga tumit halus.

3. Mencegah penyakit hati

Sebuah penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji melihat pengaruh konsumsi minyak kelapa terhadap kesehatan hati. Hasilnya, hewan yang mengonsumsi minyak kelapa secara rutin selama 4 minggu memiliki kesehatan hati lebih baik dibandingkan dengan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan khasiat minyak kelapa yang satu ini pada manusia.

4. Membantu penurunan berat badan
Banyak orang percaya minyak kelapa bisa membantu menurunkan berat badan. Kegunaan minyak kelapa yang satu ini dipercaya datang dari komponen khas bernama MCT. Komponen tersebut dinilai akan membuat lemak yang ada di dalam minyak kelapa, langsung diolah menjadi energi dan tidak menumpuk terlalu lama di tubuh.

Meski begitu, bukan berarti minyak kelapa bisa dijadikan satu-satunya solusi untuk menurunkan berat badan. Anda tetaplah harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.

5. Percepat penyembuhan luka

Pada sebuah uji coba menggunakan hewan, minyak kelapa terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka. Minyak yang satu ini dapat meningkatkan produksi kolagen dan menghambat terjadinya peradangan di kulit.

Anda dapat mencobanya dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka gores yang tidak parah dan menutup lukanya dengan perban. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakannya dan pastikan bahan maupun alat yang Anda gunakan benar-benar sudah steril untuk menghindari infeksi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here