Tuesday, 19 March 2024
HomePolitikJelang Pilpres, Ridwan Kamil Jadi Tokoh Pilihan Masyarakat Jabar untuk Jadi Presiden

Jelang Pilpres, Ridwan Kamil Jadi Tokoh Pilihan Masyarakat Jabar untuk Jadi Presiden

Bogordaily.net – Nama kembali menjadi pilihan masyarakat Jawa Barat (Jabar) untuk menjadi presiden melalui pemilu 2024. Hal itu menurut Lembaga Survei CiGMark kembali merilis hasil survei terbaru yang dilakukan medio 12 sampai 28 September tersebut, pada Minggu, 13 November 2022.

Popularitas pejabat yang akrab dipanggil RK itu pun lebih unggul dari nama-nama besar lain seperti Prabowo Subianto dan Anies Rasyid Baswedan.

Temuan itu dibeberkan oleh CEO CiGMark Panca Pratama. Dalam rilis hasil survei tersebut, dia menyatakan bahwa nyaris seratus persen masyarakat Jawa Barat mengenal .

Persentasenya mencapai 99,2 persen. Angka itu bersaing tipis dengan persentase keterkenalan Prabowo di Jawa Barat sebanyak 96,9 persen.

“Untuk konteks kontestasi pilpres 2024 RK dan PS merupakan sosok yang sudah sangat populer di Jawa Barat,” terang dia.

Namun, lanjutnya, bila dikulik lebih jauh, dari angka tersebut, level kesukaan terhadap jauh lebih tinggi.

Sebanyak 97,2 persen masyarakat Jawa Barat menyukai , sementara persentase kesukaan mereka terhadap Prabowo berada di angka 75,7 persen.

Lantas seberapa pantas nama-nama tersebut menjadi presiden?

Hasil Survei CigMark mendapati persaingan yang cukup ketat di antara , Prabowo, dan Anies. Ketika disuguhi pertanyaan tersebut, masyarakat Jawa Barat menilai pantas menjadi presiden berikutnya.

”RK kemudian diikuti oleh PS dan AB merupakan sosok yang dinilai pantas sebagai presiden RI ke depan,” ujarnya.

Secara keseluruhan ada 35,3 persen masyarakat Jawa Barat yang menilai sangat pantas menjadi presiden. Sementara itu, Prabowo mendapat dukungan 18,4 persen, dan Anies berada di posisi ketiga dengan dukungan 15 persen.

“Bila digabung dengan masyarakat yang menilai cukup pantas menjadi presiden berikutnya, persentase dukungan terhadap mantan wali kota Bandung itu mencapai angka 91,7 persen,” ungkapnya.

Sedangkan Prabowo mendapat dukungan 73,9 persen, dan Anies didukung oleh 69,2 persen. Angka itu menunjukkan dukungan terhadap di Jawa Barat jadi yang tertinggi.

Kemudian, ketika diberi pertanyaan terbuka, masyarakat Jawa Barat mayoritas memilih untuk menjadi presiden. Sementara Prabowo berada di posisi kedua, Anies di posisi ketiga, dan Ganjar Pranowo di posisi keempat.

”Untuk konteks pilpres di wilayah Jawa Barat. Berdasarkan pertanyaan terbuka, RK sebagai Gubernur Jawa Barat berada pada posisi teratas diantara nama-nama lainnya yang mengemuka,” terang Panca.

Hasil yang hampir sama diperoleh saat masyarakat Jawa Barat dihadapkan pada nama-nama besar yang berpotensi menjadi wakil presiden.

Dukungan terhadap Ridwan Kamil tetap paling tinggi. Disusul oleh Anies, Sandiaga Uno, dan Ganjar Pranowo.

”Untuk posisi wapres, berdasarkan pertanyaan terbuka, RK tetap yang tertinggi, bahkan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan dukungan berdasarkan pertanyaan terbuka untuk posisi presiden,” tambah dia.

Dukungan besar dari masyarakat Jawa Barat terhadap Ridwan Kamil tidak lepas dari rekam jejak dan kinerja pejabat berdarah Sunda itu selama memimpin di Jawa Barat, baik ketika bertugas sebagai gubernur maupun sebagai wali kota.

Ridwan Kamil tidak hanya berhasil mengubah wajah Jawa Barat secara fisik menjadi lebih baik, tapi juga turut membawa kemajuan bagi salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia tersebut.

Hasil Survei CiGMark kali ini dilakukan dengan metode multistage random sampling.

Jumlah total responden yang ditanyai dalam survei tersebut sebanyak 825 orang dengan margin of error pada angka 3,48 persen.

”Untuk menjaga kualitas dari pelaksanaan survei ini, proses wawancara dilakukan dengan memanfaatkan teknologi Informasi melalui kuesioner elektronik(CAPI), sehingga setiap kesalahan dapat diminimalisir lebih awal, serta pelaksanaan monitoring dan spotcheck terhadap 20% PSU,” beber Panca.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here