Thursday, 25 April 2024
HomePolitikJokowi Ungkap Kriteria Pemimpin yang Cocok Gantikan Dirinya

Jokowi Ungkap Kriteria Pemimpin yang Cocok Gantikan Dirinya

Bogordialy.net – Presiden Joko Widodo () mengungkap sosok pemimpin yang cocok menggantikan dirinya di 2024 mendatang.

Dirinya mengingikan, orang itu bisa melanjutkan seluruh program maupun keberhasilan yang telah diraihnya selama 10 tahun terakhir.

“Yang sudah kita bangun harus kita jamin keberlanjutannya. Inilah yang harus kita jaga bersama sama bukan hanya untuk 2024, bukan hanya untuk 2029 tetapi untuk Indonesia Emas 2045 dan seeterusnya,” kata dikutip dari Holopis, Minggu, 27 November 2022.

berharap Indonesia mendapat sosok pemimpin pekerja keras. Dia berpendapat tantangan di masa depan semakin banyak dan berat.

“Figur ke depan harus figur yang mau bekerja keras, yang memiliki leadership, kepemimpinan yang kuat dan selalu berpihak pada kepentingan rakyat,” kata

Mantan Wali Kota Solo itu pun kemudian berharap, penggantinya pro rakyat. Dia menekankan keberpihakan para seluruh rakyat Indonesia, bukan segelintir kelompok.

“Oleh karena itu jangan hanya kepentingan sesaat, karena kepentingan jangka pendek. Jangan karena kepentingan politik kemudian lupa menjaga keberlanjutan pembangunan. Yang sudah di jalur yang tepat ini terus bisa dilanjutkan,” pintanya.

Selain itu, juga berpesan agar kelak calon pengganti dirinya juga tidak hanya berdiam diri di Istana tanpa mau melihat langsung situasi rakyat.

“Jangan sampai, jangan sampai memilih pemimpin yang senangnya duduk di istana yang acnya dingin. Jangan sampai. Ini negara besar, jangan hanya duduk manis di istana presiden,” ajaknya.

Sosok pengganti akan ditentukan pada Pilpres 2024 yang digelar 14 Februari 2024. Sosok itu harus mendapat dukungan dari partai politik.

Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum mengatur capres harus diusung partai politik atau gabungan partai politik dengan minimal 20 persen kursi DPR RI atau 25 persen suara sah nasional.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here