Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorKemenhub Gelontorkan Rp 74 Miliar Bangun Underpass hingga Penataan Stasiun Batu Tulis

Kemenhub Gelontorkan Rp 74 Miliar Bangun Underpass hingga Penataan Stasiun Batu Tulis

Bogordaily.net – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) gelontorkan anggaran Rp 74 Miliar untuk penataan kawasan serta , Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada akhir November 2022.

Hal itu diungkapkan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Jawa Bagian Barat, Erni Basri pada Jumat 18 November 2022.

Menurut Erni, dalam progresnya nanti itu pengerjaan satu paket yakni jalur perlintasan langsung (JPL.10) dan penataan .

“Untuk yang melintasi jalur ganda Bogor-Sukabumi ini akan dibangun di Jalan Batakal, sekitar 100 meter dari perlintasan tidak sebidang yang ada saat ini. Jadi underpass itu digeser ke arah Jalan Batakal, lalu memutar lagi ke arah jalur semula atau Jalan Saleh Danasasmita dan pada saat pengerjaan tidak akan mengganggu lalu lintas,” ucapnya.

Adapun keberadaan underpass ini, lanjutnya, untuk mengatasi kemacetan akibat adanya perlintasan sebidang rel KA di Jalan Saleh Danasasmita.

Selain underpass, kawasan Batu Tulis juga akan ditata untuk kenyamanan calon penumpang kereta api Bogor-Sukabumi. Desain penataan dengan perpaduan gaya modern dan heritage, untuk memberi kesan cantik dan mewah.

“Penataan kawasan meliputi area parkir, penambahan ruang tunggu serta akses keluar masuk penumpang, jalur penyeberangan orang (JPO), dan renovasi bangunan heritage, di mana tempat pertama kali Kepala berkantor,” ungkapnya.

“Ada beberapa penambahan bangunan dan renovasi. Rencananya bangunan heritage (bekas kantor kepala stasiun) akan diperbaiki tapi dijadikan semacam kafe khusus calon penumpang,” sambungnya.

Sedangkan, kata Erni, dua pekerjaan underpass dan penataan stasiun ini ditargetkan bisa rampung pada November 2023 mendatang.

“Pekerjaannya selama satu tahun, dan pemenang lelang saat ini sudah teken kontrak. Saat ini sedang persiapan,” ungkapnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here