Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorKetahanan Pangan, Desa Bojonggede Sasar Peternakan Ayam Kampung dan Perikanan

Ketahanan Pangan, Desa Bojonggede Sasar Peternakan Ayam Kampung dan Perikanan

Bogordaily.net– Pemerintah , Kabupaten Bogor kembali berinovasi dengan konsep . Terlebih Bojonggede berada di wilayah desa perkotaan yang mana merupakan desa kecil dan padat penduduk.

“Untuk memenuhi keterbutuhan pangan masyarakat kami membentuk tujuh kelompok yang tersebar di lima dusun yang membidangi peternakan ayam kampung dan perikanan,” kata Kepala Dede Malvina dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat, 11 November 2022.

Program menyasar peternakan ayam kampung dan perikanan.(Istimewa/Bogordaily.net)

Untuk program tahun ini kata Dede sebanyak 2.500 ekor ayam kampung untuk dibudidayakan dan dikembangbiakan sebagai arah kebijakan ketahanan pangan.

Pemilihan ayam kampung kata Dede sebab secara fisik lebih kuat dan harga lebih menjanjikan untuk dijualbelikan.

“Selain dijual belikan kita secara frozen, para kelompok ketahanan pangan juga akan bekerja sama dengan unit usaha Bundes sebagai usaha baru yaitu rumah makan ayam kampung di ,” jelasnya.

Dede Malvina menyebut, program ketahanan pangan pembesaran dan pengembangbiakan ayam kampung ini berdasarkan verifikasi dan musyarwarah desa. Bahwa setiap kelompok bersepakat untuk mengembangbiakan ayam kampung di .

“Dari tujuh kelompok pembudidayaan dan pembesaran ayam kampung, masing-masing kelompok dibina oleh Babisa, Bhabinkamtibmas dan PPK, kedepannya bukan hanya ayam kampung sasarannya tetapi akan menjadi KRL dengan kata lain Kampung Ramah Lauk,” ungkapnya. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here