Wednesday, 1 May 2024
HomeNasionalKTT G20 Bali, Zelensky Hadir secara Virtual

KTT G20 Bali, Zelensky Hadir secara Virtual

Bogordaily.net akan menghadiri puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, pada 15-16 November 2022 secara .

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi saat menjelaskan tentang kepastian kehadiran para kepala negara untuk pada 15-16 November 2022.

Retno mengungkapkan, dalam KTT kali ini Ukraina hadir selaku negara undangan. Selain Ukraina, Fiji juga diundang oleh Indonesia selaku Presidensi G20.

“Dari pihak undangan, Pemerintah Fiji yang sedang menjalani pemilihan umum mengirimkan utusan khusus (special envoy). Sedangkan akan berpartisipasi secara ,” ujar Retno dilansir dari siaran pers di laman Sekretariat Kabinet, Minggu, 13 November 2022.

Pemerintah RI telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. Total kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) adalah 36 orang dari total 41 peserta.

“Kehadiran 18 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah delapan dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini,” tulis pernyataan itu.

Sementara itu, dari negara G20, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador yang tidak dapat hadir di Bali akan diwakili oleh Menlu Meksiko Marcelo Ebrard.

Kemudian selain Zelensky, Presiden Brasil direncanakan akan hadir secara di .

Selain itu, lanjut Retno, Kemenlu telah menerima nota diplomatik dari Kedutaan Besar Rusia di Jakarta yang menyampaikan Presiden Vladimir Putin tidak dapat hadir di Bali secara langsung.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here