Thursday, 29 February 2024
HomeBeritaNASA Sebut, Beberapa Tahun Lagi Manusia Bisa Tinggal di Bulan

NASA Sebut, Beberapa Tahun Lagi Manusia Bisa Tinggal di Bulan

Bogordaily.net – Seorang pejabat mengungkapkan, manusia bisa dan tinggal di Bulan dalam dekade ini. Potensi keberadaan air di Bulan juga dapat memperkuat alasan berhasilnya misi.

Astronot yang hidup di Bulan bisa dimanfaatkan sebagai langkah awal misi mengirim manusia ke Mars.

Ia adalah Howard Hu yang mengatakan manusia bisa tinggal di sana untuk waktu yang lama.

Menurut pejabat ini, berharap manusia bisa mulai membangun koloni atau permukiman di Bulan pada 2030. Padahal sejak lama, komunitas ilmuwan menganggap Bulan tidak bisa dihuni manusia.

“Ya, tentu saja dalam dekade ini kita akan memiliki orang yang tinggal di sana. Mereka akan memiliki habitat dan penjelajah di darat, itulah yang juga sedang kami kerjakan di ,” kata Hu dikutip dari ABC News.

Diketahui, manusia terakhir mendarat di Bulan pada tahun 1972 silam. Hu menyebut ketika ada misi perjalanan Bulan selanjutnya, maka misinya adalah untuk tinggal di sana dan melakukan beragam penelitian ilmiah.

Pada minggu lalu, pesawat ruang angkasa Orion diluncurkan ke Bulan pada misi tanpa awak pertamanya. Saat ini pesawat berada sekitar 28.864 mil (46.452 kilometer) dari Bulan pada Senin pagi pukul 07.30 WIB.

Setelah serangkaian upaya yang tertunda, megaroket Bulan meluncur dari Cape Canaveral dalam misi 25 hari. Selama misi, ia akan menempuh jarak 450 ribu kilometer dari Bumi dan 64 ribu kilometer di luar sisi jauh Bulan.

mengatakan, misi Artemis pertama ini akan mendemonstrasikan kinerja roket Orion dan Space Launch System (SLS), dan membuka jalan untuk misi di masa depan, termasuk mendaratkan wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama di permukaan Bulan.

Orion sendiri adalah kendaraan yang akan membawa astronot dalam misi Artemis. mengatakan itu satu-satunya pesawat ruang angkasa yang mampu melakukan misi luar angkasa manusia dan kembali ke Bumi dengan kecepatan tinggi.

Dinamai dewi perburuan Yunani kuno, dan saudara kembar Apollo, Artemis bertujuan untuk mengembalikan astronot ke Bulan pada awal 2025. Rencana jangka panjang adalah membangun “kehadiran yang berkelanjutan” di Bulan sebagai persiapan untuk misi ke Mars.

berharap dapat mengirim empat astronot mengelilingi Bulan pada penerbangan berikutnya, pada tahun 2024, dan mendaratkan manusia di sana paling cepat tahun 2025.(*)

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here