Thursday, 2 May 2024
HomeTravellingPemkab Bogor: Optimalkan Potensi Lewat Wisata Desa

Pemkab Bogor: Optimalkan Potensi Lewat Wisata Desa

Bogordaily.net melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor menggelar Lomba WisataDesa Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022, pengumuman hasil penilaian juri atas kegiatan tersebut diselenggarakan dalam bentuk Festival Wisata Desa (Anugerah Wisata Desa) yang bertempat di Auditorium Setda Kabupaten Bogor pada, Kamis, 24 November 2022.

Mewakili Plt Bupati Bogor, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin mengatakan Pariwisata Desa merupakan bagian dari program pembangunan kawasan perdesaan untuk meningkatkan perekonomian desa, melalui peningkatan nilai tambah dan daya saing produk/potensi lokal dengan mengoptimalkan sumberdaya dan kearifan lokal yang berwawasan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Festival wisata desa ini diadakan bukan hanya untuk mencari desa terbaik dengan potensi wisatanya, tetapi agar desa menemukenali potensi wisata di desanya dan dikelola langsung olah masyarakat desa setempat, sehingga dapat bermanfaat secara ekonomi sekaligus melestarikan lingkungan dan adat budaya setempat,” ujar Sekda Kabupaten Bogor.

Menurutnya, pembangunan wisata desa juga terus didukung oleh Pemkab Bogor melalui program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) Tahun 2021, yang dapat diarahkan untuk pembangunan infrastruktur melalui padat karya, terutama pembangunan jalan desa di wilayah yang berhubungan dengan akses ekonomi seperti sentra UKM, Pesawahan, dan Kawasan Wisata.

“Saya minta kepada para kepala desa, hadiah festival wisata desa ini agar digunakan untuk merevitalisasi destinasi wisata di wilayahnya, dengan terus berinovasi dan mengoptimalkan peran BUMDES dalam mengembangkan wisata desa. Diantaranya dengan promosi intensif paket wisata melalui media sosial serta aktif bersinergi dengan lembaga pemerintah atau swasta, sekolah, ormas, komunitas dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Deni Humaedi melaporkan dalam acara, bahwasannya Disbudpar terus mendorong desa-desa dengan potensi wisata yang luar biasa untuk dikelola secara profesional dengan mempunyai kelembagaan , salah satunya dengan menyelenggarakan lomba ini. Di tahun ini jumlah meningkat menjadi 55 .

“Dengan berbagai potensi wisata desa berupa obyek dan daya tarik wisata, tata hidup keseharian masyarakat desa, adat istiadat, seni budaya dan sumber daya manusianya untuk diberdayakan tentu dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke desa yang ada di Kabupaten Bogor. bukan sekedar trend, harus dikelola biat tambah keren,” kata Deni Humaedi.

Diinformasikan juga bahwa lomba ini diikuti oleh 50 desa dengan berbagai pengelola antara lain Bumdes dan dengan total hadiah Rp 1.275.000.000 untuk 15 pemenang yang dibagi menjadi 3 kategori (Kategori Maju, Berkembang dan Rintisan). Juara 1 Rp 150jt, Juara 2 Rp 100jt, Juara 3 Rp 75jt dan Juara Harapan Rp 50jt.

Berikut ini daftar pemenang yang resmi telah diumumkan pada Anugerah Wisata Desa 2022:

Pemenang Lomba Festival Wisata Desa (Anugerah Wisata Desa) yang bertempat di Auditorium Setda Kabupaten Bogor pada, Kamis, 24 November 2022. (Istimewa/Bogordaily.net)

Kategori Desa Rintisan

1. Desa Bojongkulur Kec Gunung Putri (Juara 1)
2. Desa Neglasari Kec Dramaga (Juara 2)
3. Desa Megamendung Kec Megamendung (Juara 3)
4. Desa Bojong Indah Kec Parung (Juara Harapan)
5. Desa Pasirmukti Kec Citereup (Juara Harapan)

Kategori Desa Berkembang

1. Desa Sirnajaya Kec Sukamakmur (Juara 1)
2. Desa Cibadak Kec Sukamakmur (Juara 2)
3. Desa Benteng Kec Ciampea (Juara 3)
4. Desa Tamansari Kec Tamansari (Juara Harapan)
5. Desa Sadeng Kec Leuwisadeng (Juara Harapan)

Kategori Desa Maju

1. Desa Tugu Utara Kec Cisarua (Juara 1)
2. Desa Batulayang Kec Cisarua (Juara 2)
3. Desa Kiarasari Kec Sukajaya (Juara 3)
4. Desa Purwabakti Kec Pamijahan (Juara Harapan)
5. Desa Bantarkaret Kec Nanggung (Juara Harapan)***

 

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here