Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorUpacara Hari Pahlawan, Pemuda di Ciampea Naik Tiang Bendera! Ini Penyebabnya

Upacara Hari Pahlawan, Pemuda di Ciampea Naik Tiang Bendera! Ini Penyebabnya

Bogordaily.net–  Upacara Peringatan 10 November 2022 di Lapangan Pasar Oray, Desa Cinangka, Kecamatan , diwarnai insiden pengibaran bendera tidak naik. Karena itu, seorang pemuda melakukan aksi heroik dengan naik ke tiang bendera.

Informasi yang dihimpun, peristiwa terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Sejumlah pasukan pengibar bendera merah putih dari salah satu sekolah di wilayah tidak dapat menaikan bendera merah putih. Penyebabnya katrol pengerek bendera macet sehingga tidak dapat ditarik.

Akibat insiden tersebut seorang warga asal kampung Pasir Oray Desa Cinangka naik ke atas tiang bendera. Namun  karena tiang bendera yang terbuat dari besi tak mampu menahan beban pria tersebut kembali turun.

Ucapara 10 November 2022 di Lapangan Pasar Oray, Desa Cinangka, Kecamatan , diwarnai insieden bendera tak bisa naik (Istimewa/Bogordaily.net)

Petugas di lapangan yang terdiri dari Satpol PP, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kecamatan segera menurunkan tiang benderanya.

“Pasukan pengibar bendera dari salah satu sekolah di hendak menaikan bendera, tapi gagal karena talinya tidak bisa ditarik,” kata Juned, warga Desa Cinangka.

Sementara itu Camat Ciampea Yudi Santosa mengatakan insiden tersebut biasa terjadi dan hal ini juga merupakan sebuah wujud perjuangan kita dalam menaikan bendera merah putih dan butuh perjuangan.

“Insiden ini kan biasa terjadi ya karena human error atau faktor alam dan ini wujud bahwa masyarakat di Desa Cinangka butuh perjuangan dalam menaikan bendera kebangsaan ini,” ujar Yudi.

Menurutnya, peringatan ini juga karena wilayah pesisir desa desa yang memang masih ada rasa nasionalisme. Warga pun antusias menggunakan pakaian pahlawan mengikuti upacara.

“Masyarakat sangat antusias, ini sebagai bukti bahwa didesa yang terpencil seperti Cinangka ini masih banyak yang turut serta dalam melaksanakan pengobatan bendera. Bahkan  ada yang menggunakan pakaian pahlawan,” jelasnya.

Bendera, kata Yudi akhirnya naik setelah tim dari TNI, Polri menaikan kembali tiang bendera yang sebelumnya turun memperbaiki katrol untuk menarik tali pada tiang tersebut. (Ruslan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here