Tuesday, 19 March 2024
HomeNasionalAksi Pencabutan Banner Gereja di Tenda Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Akan...

Aksi Pencabutan Banner Gereja di Tenda Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Akan Tindak Tegas

Bogordaily.net – Gubernur Jawa Barat akan menindak tegas sejumlah oknum terkait pencabutan banner bantuan Gereja bertuliskan Gereja Reformed di tenda pengungsian yang di media sosial, Sabtu, 26 November 2022.

Video itu pun terdengar hingga ke kuping . Ia menyesalkan adanya perilaku buruk yang dilakukan oleh sejumlah oknum tersebut.

juga memberikan pendapatnya lewat akun Instagram miliknya. Ia memberikan pendapatnya dalam 6 poin yakni:

1. Bencana ini datang tidak pilih-pilih dan pastinya mendampaki semua orang, semua pihak dan semua golongan di Cianjur tercinta ini.

2. Yang membantu bencana pun datang tidak pilih-pilih, datang dari semua pihak dari semua golongan, kelompok, apapun keyakinan atau agamanya.

3. Berdirinya bendera, spanduk, baliho, stiker dari para pemberi bantuan adalah hal yang wajar, karena mungkin itu bagian dari pelaporan pertanggungjawaban kepada para donatur yang menitipkan bantuan kepada mereka.

4. Karenanya Sila ke-2 Pancasila, Kemanusiaan Yang adil dan Beradab harus dijunjung dengan baik dan dipraktekkan dengan bijak. Bantuan kemanusiaan tidak boleh ternodai sedikitpun oleh unsur kebencian golongan.

5. Saya sudah meminta kepolisian khususnya Kapolda Jawa Barat untuk menindaklanjuti hal ini agar tidak terulang lagi di kemudian hari. Hatur Nuhun.

6. Walaupun kita tidak bersaudara dalam keimanan, kita tetaplah bersaudara dalam kebangsaan dan kemanusiaan.

Tangkapan layar video warga mencopot spanduk bantuan gereja di tenda pengungsi. (Instagram/ @tsetiotomo/Bogordaily.net)

Sebelumnya ramai diberitakan video diunggah di akun Instagram @tsetiotomo, tampak sebuah tenda berwarna biru berdiri di sebuah lahan. Di atas tenda tersebut terdapat logo putih bertuliskan Gereja Reformed. Seorang warga memakai kaus hitam mencopot logo gereja dari tenda tersebut.

“Korban bencana dapat bantuan dari tim aksi kemanusiaan gereja Reformed.. Tulisannya di sobek, dicopot.. Nggak sekalian tendanya di bongkar? Kalau sejak awal nggak berkenan menerima bantuan dari gereja, ya lebih baik dialihkan kepada yg mau..,” tulis keterangan yang diunggah di akun Instagram @tsetiotomo.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here