Wednesday, 1 May 2024
HomeBeritaPengganti Nasi, Ini Sederet Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Terlewatkan

Pengganti Nasi, Ini Sederet Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Terlewatkan

Bogordaily.net untuk kesehatan ternyata sangat beragam. Makanan yang satu ini terkenal mengenyangkan dan kaya nutrisi. Berikut penjelasan seputar mengonsumsi bagi kesehatan tubuh.

adalah sayuran akar manis dan bertepung yang ditanam di seluruh dunia. Ubi jalar memiliki berbagai ukuran dan warna, termasuk oranye, putih, dan ungu.

Makanan yang dikenal luas di masyarakat Indonesia ini kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Nah, berikut ragam ubi jalar untuk kesehatan. Yuk, disimak!

1. Mengurangi Risiko Kanker

Ubi jalar kaya dengan antioksidan, senyawa yang membantu mempertahankan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukan, bahwa antioksidan pada kulit ubi jalar, khususnya ubi jalar ungu, bisa membantu mengurangi proses oksidasi, hingga bisa mengurangi risiko kanker.

Untuk mendapat nutrisi maksimal dari ubi jalar, jangan kupas bagian kulit dan cukup gosok dengan baik sebelum dimasak.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ubi ini kaya akan beta-karoten, zat yang bertanggung jawab atas warna orange pada ubi jalar. Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A yang dibutuhkan mata untuk beradaptasi terhadap terang dan gelap.

Selain itu, beta-karoten bersama nutrisi lain seperti vitamin C, E dan mineral zinc dapat membantu mengurangi penyakit mata terkait usia.

3. Mencegah Sembelit

Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit atau gangguan pada saluran pencernaan. Untuk mencegah sembelit, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan tinggi serat salah satunya yaitu ubi jalar.

Dalam satu cangkir ubi diketahui mengandung sekitar 30 gram serat harian yang baik untuk menjaga pencernaan.

4. Menurunkan berat badan

Menurut penelitian, konsumsi ubi jalar ditemukan dapat menurunkan berat badan dan kadar lemak dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi obesitas.

Tidak hanya itu. Ubi jalar juga memberikan yang positif terhadap fungsi ginjal dan hati.

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan lain dalam ubi jalar, yaitu potasium (sering juga disebut kalium) membentuk ubi jalar dalam mencegah tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi potasium yang tinggi berhubungan dengan risiko kematian karena hipertensi dan penyakit kardiovaskular.dak hanya itu, ubi jalar juga memberikan yang positif terhadap fungsi ginjal dan hati.

6. Mengatasi diabetes

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah dan berpotensi membantu resistensi insulin pada penderita diabetes. Studi menunjukkan konsumsi serat secara teratur dapat membantu mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes.

7. Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan lain dalam ubi jalar, yaitu potasium (sering juga disebut kalium) membentuk ubi jalar dalam mencegah tekanan darah tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi potasium yang tinggi berhubungan dengan risiko kematian karena hipertensi dan penyakit kardiovaskular.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here