Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorPPJ Pelajari Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Milik PT Fajar Sarana Niaga

PPJ Pelajari Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Milik PT Fajar Sarana Niaga

Bogordaily.net (PPJ) telah mempelajari pengelolaan milik , di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor pada Selasa 8 November 2022. Mereka melihat jenis sampah dari bekas mie instan yang diolah menjadi blok bahan atau briket, pupuk kompos, hingga pakan ternak.

Jajaran Perumda PPJ itu datang bersama Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Deni Wismanto.

Manajer K3 Perumda PPJ, Dedi Suharto mengatakan, kunjungan itu melihat peluang dan kemungkinan untuk bekerja sama pengelolaan di Kota Bogor. Adapun langkah-langkah dan studinya nanti akan dilakukan oleh pihak DLH.

Meski demikian, Dedi mengaku akan melihat dan mempertimbangkan terkait teknis pengelolaanya, karena pasar belum memiliki lahan untuk mengelola sampah sendiri.

“Kita akan coba melihat peluang peluang kemungkinannya, bagaimana atas kondisi sampah yang ada, yang masih tercampur antara organik dan an-organiknya,” kata Dedi, Kamis 10 November 2022.

Untuk itu, Perumda PPJ mengaku akan terus mencari cara untuk mengurangi sampah dengan cara mengubahnya menjadi sesuatu yang berguna dan mempunya nilai.

Sementara itu, Dedie A Rachim mengaku terus menggalakkan bank sampah, TPS 3R, dan pengolahan sampah lainnya untuk merespons peningkatan volume sampah.

“Bayangkan dalam sehari Kota Bogor menghasilkan 800 ton sampah. Di tempat pengolahan ini mungkin hanya lima persennya, namun bisa menghasilkan nilai tambah,” sebut Dedie.

Kota Bogor, kata dia, saat ini masih mendistribusikan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Galuga. Beban transportasi menuju kesana juga masih menjadi hal yang perlu diperhatikan.

“Namun bisa di pasar-pasar, makanya kita ajak juga . Jadi kalau pasar-pasar di Kota Bogor bisa dimanfaatkan juga sampahnya menjadi sebuah produk, baik pupuk cair maupun pupuk organik, artinya bisa juga meningkatkan nilai tambah,” paparnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here