Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaProfil Zakaria Aboukhlal, Pemain Timnas Maroko yang Sering Jadi Imam

Profil Zakaria Aboukhlal, Pemain Timnas Maroko yang Sering Jadi Imam

Bogordaily.net–  Pemain Timnas Maroko menjadi sorotan usai timnya mencatatkan sejarah di . Maroko menang saat melawan atas Belgia dalam pertandingan yang tersaji pada matchday kedua Grup F Minggu 27 November 2022 lalu. Wakil Afrika itu secara mengejutkan menang 2-0 atas tim ranking dua dunia tersebut.

menjadi salah satu pencetak gol kemenangan timnya. Ia membobol gawang Belgia pada menit 90+2, sedangkan satu gol kemenangan Maroko lainya dicetak oleh Abdelhamid Sabiri di menit 73. Kemunculan Aboukhlal menjadi pahlawan Maroko. Kini kehidupan pribadinya mulai disorot. Salah satunya, dikenal sebagai Muslim yang taat dan pandai mengaji. Berikut sebagaimana dilansir Suara.com.

. (Instagram/@zakariaaboukhlal/Bogordaily.net)

Aboukhlal merupakan pesepakbola kelahiran Rotterdam, Belanda, pada 18 Februari 2000. Pesepak bola berusia 22 tahun itu memulai karier sepak bolanya di Negeri Kincir Angin.

Ia sempat berseragam Timnas Belanda di berbagai level usia, mulai dari U-16, U-18, U-19, hingga membela Belanda U-20. Aboukhlal lebih memilih membela Maroko di level senior sebab ia merasa tumbuh di lingkungan Maroko saat besar di Belanda.

Aboukhlal mendapat panggilan perdana membela Timnas Maroko pada November 2020. Ia pun langsung mencetak gol dalam debutnya tersebut.

saat menjebol gawang Belgia di Qatar, Minggu 27 November 2022. (AP/Christophe Ena/Bola.net)

Sejauh ini, Aboukhlal sudah melakoni 13 pertandingan buat Timnas Maroko dengan torehan tiga gol dan masih bisa bertambah banyak di masa mendatang.

Pada level klub, Aboukhlal sempat belajar sepak bola di akademi Willem II sebelum bergabung ke akademi PSV Eindhoven. Ia pun promosi ke tim utama pada musim 2019.

Aboukhlal kemudian dijual ke AZ Alkmaar dengan biaya dua juta euro pada 2019. Di AZ Alkmaar ini, ia mulai mendapat kepercayaan dan menit bermain reguler.

Tampil cukup impresif dengan torehan 12 gol dan dua assist dari 90 laga buat AZ Alkmaar, membuatnya diboyong oleh klub Prancis, FC Toulouse, pada musim panas lalu dengan biaya dua juta euro.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here