Friday, 3 May 2024
HomeBeritaQatar Larang Penjualan Alkohol di Area Stadion Piala Dunia

Qatar Larang Penjualan Alkohol di Area Stadion Piala Dunia

Bogordaily.net membuat keputusan tegas menjelang Piala Dunia 2022 berjalan pada Minggu, 20 November 2022. Keputusan tersebut melarang tegas penjualan alkohol di area stadion-stadion tuan rumah dalam perhelatan Piala Dunia 2022.

Pengumuman itu dikeluarkan dua hari sebelum Piala Dunia 2022 digelar di , negara Muslim dengan peraturan ketat soal alkohol.

Keputusan tersebut dikabarkan telah mendapatkan protes dari para suporter yang akan menyaksikan langsung turnamen akbar tersebut.

Badan sepak bola dunia FIFA mengatakan bahwa bir tidak akan dijual kepada suporter di sekitar salah satu dari delapan stadion yang digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia setelah berdiskusi dengan pihak tuan rumah.

Sebagaimana diketahui, merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Oleh karena itu, pernyataan dilarangnya alkohol yang haram bagi umat Muslim telah dikeluarkan menjelang turnamen tersebut.

Setelah melewati diskusi dengan pihak , akhirnya FIFA pun memutuskan untuk melarang penjualan alkohol di sekitar delapan stadion Piala Dunia 2022. Namun, semua minuman beralkohol bisa dibeli para penonton di titik-titik yang sudah ditentukan, seperti di area resmi festival penggemar.

“Menyusul diskusi antara otoritas negara tuan rumah dan FIFA, keputusan telah dibuat untuk memfokuskan penjualan minuman beralkohol di area FIFA Fan Festival, tempat tujuan penggemar lainnya dan tempat berlisensi serta menghapus titik penjualan bir dari perimeter stadion Piala Dunia 2022,” tulis pernyataan resmi FIFA di Twitter mereka, @fifamedia.

Pernyataan FIFA mengatakan bir non-alkohol masih akan dijual di delapan stadion, sementara sampanye, anggur, wiski, dan alkohol lainnya akan disajikan di area perhotelan mewah di arena.

Tetapi sebagian besar pemegang tiket tidak memiliki akses ke area tersebut; mereka akan dapat minum bir beralkohol di malam hari di tempat yang dikenal sebagai FIFA Fan Festival, area pesta khusus yang juga menawarkan musik dan aktivitas langsung.

Di luar area turnamen, membatasi pembelian dan konsumsi alkohol, meskipun penjualannya telah diizinkan di bar hotel selama bertahun-tahun.

Lebih lanjut, FIFA memastikan bahwa bir yang diproduksi oleh pihak sponsor, yakni Budweiser, tetap tersedia di semua stadion Piala Dunia 2022. Hal itu diduga tetap dilakukan karena sudah menjadi bagian dari kesepakatan sponsor.

“Tidak ada dampak penjualan Bud Zero yang akan tetap tersedia di semua stadion Piala Dunia . Otoritas negara tuan rumah dan FIFA akan terus memastikan bahwa stadion dan area sekitarnya memberikan pengalaman yang menyenangkan, terhormat, dan menyenangkan bagi semua penggemar,” lanjut pernyataan itu.

“Penyelenggara turnamen mengapresiasi pemahaman AB InBev dan dukungan berkelanjutan atas komitmen bersama kami untuk melayani semua orang selama Piala Dunia 2022,” pungkasnya.

Tentu saja, usaha untuk melarang penjualan alkohol di sekitar stadion selama gelaran Piala Dunia 2022 patut diapresiasi. Itu menunjukkan ketegasan mereka sebagai negara Muslim yang terbuka dengan kemajuan tetapi tetap memegang prinsip-prinsip keislaman mereka.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here