Saturday, 4 May 2024
HomeViralSampah Sumbat Aliran Kali Irigasi di Babelan, Ada Eceng Gondok hingga Plastik

Sampah Sumbat Aliran Kali Irigasi di Babelan, Ada Eceng Gondok hingga Plastik

Bogordaily.net – Tumpukan menghiasi aliran di Kampung Kedaung, Desa Kedungpengawas, Babelan, Kabupaten Bekasi. Kondisi ini tentunya membuat aliran terhambat akibat tumpukan plastik dan eceng gondok.

Dari unggahan video yang diposting akun Instagram @terangmedia, terlihat yang terdapat di lokasi itu berbagai macam dengan mayoritas sampah rumah tangga yang terbungkus plastik, popok, sampai eceng gondok.

Terlihat seorang pria menggunakan bambu panjang berusaha keras agar air bisa mengalir di antara tumpukan sampah plastik dan eceng gondok.

Tumpukan sampah dan eceng gondok yang aliran tersebut diperkirakan sepanjang 300 meter dan tersangkut di tiap jembatan saliran .

Menurut salah satu perangkat RT setempat, sampah tersebut mengikuti arus air dari hulu. Namun menurutnya, ia tidak mengetahui sumber sampah dan eceng gondok tersebut.

Dikatakan oleh perangkat RT bahwa warga sekitar beberapa waktu ke belakang kerap kerja bakti untuk membersihkan sampah dari saluran . Namun tidak semua sampah terangkut.

Dari informasi warga disebutkan bahwa sampah yang menggenangai saluran tersebut didominasi sampah rumah tangga mulai dari popok bayi hingga sampah plastik.

Menurutnya gundukan sampah yang menutup saluran tersebut sudah tidak bisa lagi ditangani oleh warga. Ia pun berharap dinas terkait untuk turun menyelesaikan masalah ini.

Sebelumnya PJ Bupati Bekasi, Dani Ramdan sempat mengatakan bahwa Kabupaten Bekasi memang darurat sampah.

“Ya, istilah darurat sampah ini bukan bahasa undang-undang, tapi hanya istilah populer untuk bisa membangkitkan sense of crisis dari aparat pemerintah dan masyarakat, terhadap kondisi permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi,” ucapnya dikutip dari Suarabkaci.com.

Oleh karena itu, Pemkab Bekasi akan menindaklanjuti kedaruratan sampah tersebut dengan rencana aksi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

“Rencana aksi yang akan segera dilakukan adalah gerakan mengangkat sampah dari sungai. Sampah yang hanyut akan kita angkat supaya tidak hanyut ke laut,” jelasnya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here