Tuesday, 23 April 2024
HomePolitikSiapa Cawapres Paling Potensial Memenangkan Anies? Nih Hasil Survei

Siapa Cawapres Paling Potensial Memenangkan Anies? Nih Hasil Survei

Bogordaily.net–  Calon wakil presiden (cawapres) hingga kini belum memiliki calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya di mendatang. Hasil survei terbaru Lembaga Survei Independen membeberkan cawapres paling potensial yang bisa memenangkan . Siapa?

Hasilnya menempatkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres paling potensial memenangkan Anies.

“Ketua Umum Partai Demokrat AHY mendapatkan 26,4 persen survei elektabilitas sebagai cawapres, dan diposisi kedua ditempati oleh Puan Maharani dengan 16,2 persen elektabilitas calon wakil Presiden,” kata Direktur Riset LSI Fathur Rahman dalam keterangan tertulis dilansir Suara.com.

Berdasarkan survei itu, AHY menjadi pasangan Anies yang dapat mendorong kemenangan pada .

Menurut Fathur dari hasil survei posisi calon wakil presiden paling mumpuni dan berpotensi membawa kemenangan, tentu dengan cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi pula.

“Saat ini, pada survei elektabilitas memperoleh hasil survei tertinggi dengan elektabilitas 19,6 persen, disusul oleh Prabowo Subianto di posisi kedua dengan 18,1 persen dan pada posisi ketiga ditempati oleh Ganjar Pranowo 13,2 persen,” katanya.

Survei mengambil populasi warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum, pada 34 provinsi di Indonesia.

Dari populasi itu dipilih secara acak sebanyak 1.500 responden, dengan margin of error 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei itu, LSI melakukan metode wawancara melalui jaringan selular pada 18 hingga 28 November 2022.

Sebelumnya diberitakan Anies merupakan calon presiden dari Partai Nasdem yang akan berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS. Partai Demokrat menginginkan AHY menjadi pasangan Anies, sedangkan PKS mengajukan Ahmad Heryawan. Namun belum disepakati siapa calon presiden yang akan mendampingi Anies.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here