Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalUpdate Korban Gempa Cianjur: 62 Orang Tewas

Update Korban Gempa Cianjur: 62 Orang Tewas

Bogordaily.net–   Korban akibat berkekuatan M5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat terus bertambah. Data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana () hingga Senin, 21 November 2022 pukul 19.34 WIB jumlah korban meninggal mencapai 62 orang.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Abdul Muhari mengatakan warga yang meninggal tersebar di Desa Rancagoong  Kecamatan Cilau, Desa Limbagansari di Kecamatan Cianjur, dan Kecamatan Cugenang.

“25 orang tercatat masih tertimbun runtuhan bangunan di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. Sebanyak 79 orang lainnya luka-luka. Warga mengungsi dilaporkan sebanyak 5.389 orang yang tersebar di beberapa titik,” jelas Abdul Muhari dalam keterangan pers, Senin, 21 November 2022.

Sementara untuk kerusakan infrastruktur, di Kabupaten Cianjur tercatat sebanyak 2.272 rumah rusak, satu unit pondok pesantren rusak berat, satu RSUD Cianjur rusak ringan, empat unit gedung pemerintah rusak, tiga unit sarana pendidikan rusak, satu unit sarana ibadah rusak.

Tak hanya itu juga menyebabkan longsor yang menutup jalan lintas provinsi di Kabupaten Cianjur.

Selain di Kabupaten Cianjur, kerusakan infrastruktur juga tercatat di Kabupaten Bogor sebanyak 46 rumah rusak, Kabupaten Sukabumi 443 rumah rusak, dan di Kota Sukabumi sebanyak 14 unit rumah rusak.

“BPBD setempat masih terus melakukan pendataan terkait jumlah korban jiwa dan kerusakan infrastruktur,” ujarnya.

Abdul Muhari menjelaskan, untuk kebutuhan mendesak di lapangan yaitu 20 unit tenda, alat berat untuk evakuasi, 10 unit penerangan, 100 unit velbed, dan bahan bakar minyak.

susulan masih dirasakan di lapangan meski dengan kekuatan lebih kecil dari sebelumnya.

pun mengimbau kepada warga di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya untuk mengungsi bila rumahnya masih dirasa belum aman dari bahaya bumi. Warga juga diimbau untuk tetap waspada akan adanya potensi gempa susulan.

Selain itu warga juga diminta untuk mengikuti dan mendapatkan informasi dari kanal resmi , BMKG, BPBD, dan pemerintah daerah setempat.

Rencananya Selasa, 22 November 2022 besok, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Kepala , Kepala BMKG, beserta jajaran akan melangsungkan tinjauan langsung ke Kabupaten Cianjur.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi Youtube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here