Thursday, 2 May 2024
HomePolitik5 Politikus Muda PSI yang Mundur, Tsamara Amany hingga Rian Ernest

5 Politikus Muda PSI yang Mundur, Tsamara Amany hingga Rian Ernest

Bogordaily.net – Sejumlah politikus Partai Solidaritas Indonesia () yang kerap muncul di media sosial menyatakan mundur dari partai tersebut. Terhitung sudah ada lima politikus yang cabut jelang Pemilu 2024.

Terbaru adalah Rian Ernest yang mengaku mundur demi kepentingan bersama. Berikut lima deretan politikus yang mundur dalam beberapa waktu terakhir.

Sebelumnya, sudah ada beberapa nama elite yang memilih mundur dari partai yang kini dipimpin oleh Giring Ganesha itu.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat, 16 Desember 2022, berikut ini adalah daftar nama politikus yang berpisah dengan .

1. Michael Victor Sianipar

Belum lama ini Ketua Dewan Pimpinan Wilayah DKI Jakarta, Michael Victor Sianipar, mengundurkan diri dari pada Senin, 5 Desember 2022.

Keluarnya Michael dari berlambang bunga mawar itu dilandasi adanya perubahan pada partai yang menaunginya sejak lima tahun terakhir.

2. Tsamara Amany

Tsamara Amany mengundurkan diri sebagai pengurus dan kader Partai Solidaritas Indonesia () pada Senin, 18 April 2022 melalui video di akun YouTube pribadinya.

Tsamara mengungkapkan bahwa keputusan mundur dari bukan karena ia ingin bergabung ke partai politik lain, tetapi merasa membutuhkan perjalanan baru di luar partai politik.

3. Surya Tjandra

Surya menyatakan mundur dari PSI. Hal itu ia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam diskusi di kantor total politik pada 23 Oktober 2022 lalu.

Diketahui, saat jadi kader PSI, ia dipilih oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo) sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tat Ruang/Badan Pertahanan Nasional hingga Juni 2022.

Satu tak lagi menjabat sebagai wakil menteri tersebut, namun dia masih berstatus PSI, ia saja terang-terangan pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju di Pilpres 2024 nanti. Hal itu disampaikannya meski PSI secara lantang tak mendukung mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

4. Sunny Tanuwijaja

Saat mundur, ia sedang menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pembina PSI. Kemundurannya diduga berkaitan dengan sikap politiknya yang mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti. Sikapnya berbeda dengan PSI yang secara terbuka tidak mendukung suami Fery Farhat itu.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie pun membenarkan bahwa Sunny sudah mengundurkan diri dan ingin membantu Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti. Diketahui, Anies saat sudah dideklarasikan oleh Partai NasDem.

5. Rian Ernest

Kader PSI yang di penghujung tahun ini bertambah. Teranyar, kabar itu datang dari politikus Rian Ernest.

Rian mengatakan, keputusan hengkang dari PSI diambil demi langkah politiknya di masa depan.
Hal itu disampaikan Rian melalui video yang diunggah di medsosnya, @rianernest, Kamis, 15 Desember 2022.

“Melalui video ini saya menyatakan pengunduran diri saya dari Partai Solidaritas Indonesia. Meski berat, saya meyakini ini adalah keputusan yang benar demi langkah politik saya ke depannya,” kata Rian.

Rian mengatakan, ia akan tetap menyuarakan kebijakan baik dan mencerdaskan masyarakat. Rian pun meminta masyarakat terus menyampaikan koreksi kepada dirinya.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here