Saturday, 27 April 2024
HomePolitikAHY Disodorkan Jadi Cawapres, Demokrat Sebut Punya Modal

AHY Disodorkan Jadi Cawapres, Demokrat Sebut Punya Modal

Bogordaily.net– Ketua Umum Partai Demokrat () disodorkan menjadi calon wakil presiden (cawapres) berpasangan dengan Anies Baswedan. Partai Demokrat menyebut memiliki modal yakni elektabilitas yang dinilai memadai.

“Kita ingin menang. Mas Ketum salah satu figur potensial yang punya modal elektabilitas yang memadai,” kata Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani dikutip dari Suara.com, Senin, 19 Desember 2022.

Kamhar mengatakan posisi sebagai Ketua Umum Demokrat juga memiliki dampak positif tersendiri. Terlebih, menjadi ketua umum di partai politik yang memposisikan diri sebagai oposisi pada dua periode pemerintahan serta berpengalaman di dua periode sebagai the rulling party.

“Menjadi keunggulan komparatif yang sangat dibutuhkan untuk saling mengisi dengan Mas Anies yang akan menjadi keunggulan kompetitif. Keduanya adalah pemimpin perubahan,” kata Kamhar.

Sebelumnya, Partai Demokrat menilai deklarasi koalisi dengan NasDem dan PKS tidak perlu terburu-buru sebab harus menunggu semua hal dibicarakan sebelum akhirnya koalisi benar-benar dibentuk.

Menurut Kamhar, hal yang harus selesai dibicarakan, misalnya terkait konfigurasi calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal diusung pada .

Pembicaraan terkait paslon menjadi penting. Sebab nama paslon sudah harus disiapkan, karena nantinya akan diumumkan berbarengan dengan deklarasi koalisi.

“Partai Demokrat berpandangan, bahwa deklarasi nanti sudah satu paket sekaligus Capres dan Cawapres. Segala sesuatunya juga sudah mesti selesai dibicarakan,” kata Kamhar.

Selain soal konfigurasi paslon, menurut dia, koalisi juga harus mempersiapkan format pemerintahan ke depan.

Sehingga setelah koalisi dideklarasikan, Kamhar menilai tak ada lagi dinamika yang tak perlu yang bisa mempengaruhi soliditas koalisi.

“Tak mesti buru-buru karena begitu dideklarasikan tak ada lagi keragu-raguan, semuanya mesti totalitas untuk pemenangan,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here