Friday, 26 April 2024
HomeBeritaApa Itu Anxiety Disorder? Ini Penjelasan dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Anxiety Disorder? Ini Penjelasan dan Jenis-Jenisnya

Bogordaily.net–  Jika Anda sering merasa cemas berlebihan dan tanpa ada alasan yang kuat, bisa jadi karena atau . membuat Anda merasa mudah khawatir terhadap berbagai hal, bahkan ketika sedang dalam situasi normal. Dikutip dari laman Hellosehat.com, ada berbagai jenis , yakni

Agoraphobia

Anda mengidap agoraphobia jika memiliki perasaan takut dan sering menghindari tempat atau situasi yang menyebabkan Anda merasa panik, terjebak, tidak bisa minta tolong, dan merasa malu.

Gangguan kecemasan karena kondisi medis tertentu

Gangguan kecemasan mungkin saja terjadi karena kondisi medis tertentu. Artinya, perasaan cemas dan panik secara berlebihan bisa muncul karena adanya masalah pada kondisi fisik Anda.

Generalized (GAD)

Generalized yaitu kecemasan kronis yang ditandai dengan rasa khawatir dan tegang yang berlebihan. Jenis gangguan kecemasan ini berlangsung secara terus-menerus dan cenderung tidak terkendali. Orang dengan GAD bisa sangat gelisah meski sedang tidak berada dalam situasi yang menegangkan sekalipun, alias baik-baik saja. Rasa khawatir dan tegang yang berlebihan terkadang juga disertai dengan gejala fisik, seperti gelisah, sulit berkonsentrasi, dan bahkan kesulitan tidur (insomnia).

Gangguan panik (panic disorder)

Gangguan panik bisa muncul secara tiba-tiba dan berulang kali tanpa adanya alasan yang jelas. Seseorang yang mengalami kondisi ini umumnya juga menunjukkan gejala-gejala fisik seperti keluar keringat berlebih, nyeri dada, sakit kepala, napas memburu, dan detak jantung yang tidak teratur.

Selective mutism

Gangguan kecemasan yang satu ini ditandai dengan anak yang tidak bisa berbicara pada kondisi atau situasi tertentu. Contohnya, anak mendadak tidak bisa bicara saat sedang di sekolah, padahal saat di rumah atau di tempat lain, anak tidak memiliki masalah dalam berbicara.

Gangguan kecemasan berpisah (separation )

Jenis yang satu ini biasanya dialami oleh anak-anak pada masa tumbuh kembangnya. Biasanya, kondisi ini disebabkan perpisahan yang terjadi antara sang anak dengan orang tua atau figur pengganti orang tua di sekitarnya.

Gangguan kecemasan sosial (Social )

Social atau kecemasan sosial adalah rasa ketakutan ekstrem yang muncul ketika berada di tengah-tengah banyak orang. Gugup ketika bertemu orang lain (terutama orang asing atau orang yang cukup penting) itu wajar saja. Namun, ketika Anda selalu merasa gugup, bahkan takut, berada di lingkungan baru sampai berkeringat dan merasa mual, Anda mungkin mengalami kecemasan sosial.

Fobia spesifik

Fobia spesifik juga masuk dalam jenis . Kondisi ini merupakan ketakutan yang berlebihan dan terus-terusan terhadap suatu objek, situasi, atau aktivitas tertentu yang umumnya tidak berbahaya.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here