Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBabinsa Monitoring Kegiatan Musrenbang di Kota Bogor, Ini yang Dibahas

Babinsa Monitoring Kegiatan Musrenbang di Kota Bogor, Ini yang Dibahas

Bogordaily.net– Kegiatan Musrenbang di Kota Bogor terus dilakukan. Para di wilayah binaan masing-masing mengawal langsung kegiatan Musrenbang. Di antaranya Kelurahan Tanah Baru, Kelurahan Kencana, Kelurahan Sukasari dan di Kelurahan Pabaton.

Kelurahan Tanah Baru, Sertu Mas'ud terjun langsung untuk mengawal proses kegiatan tersebut di Jalan Pangeran Asogiri, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, pada Rabu 7 Desember 2022.

Kegiatan tersebut membahas berbagai program, mulai dari perencanaan bidang fisik pembangunan ekonomi, budaya, pendidikan, hingga pemberdayaan pertanian. Hal itu masuk dalam agenda kemandirian daerah tahun anggaran 2023 sampai 2024.

Para Kodim 0606 Kota Bogor mengawal kegiatan Musrenbang. (Istimewa/Bogordaily.net)

“Kegiatan ini membahas program untuk masyarakat, yang mana masuk dalam tahun anggaran 2024. Banyak program yang dibahas secara bersama,” kata Sertu Mas'ud.

Pengawalan kegiatan Musrenbang juga dilakukan oleh Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Serka Saman Mega Jaya. Musrenbang tersebut membahas kemandirian masyarakat yang dianggarkan dalam anggaran 2024 mendatang.

Para Kodim 0606 Kota Bogor mengawal kegiatan Musrenbang. (Istimewa/Bogordaily.net)

Ia mengatakan, Musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas. Musrenbang tingkat kecamatan menjadi tahapan musrenbang yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa atau kelurahan.

“Untuk Musrenbang tahun ini, semua mengajukan atau menyampaikan aspirasinya. Mereka semua hadir untuk membahas program bagi masyarakat,” kata Serka Saman Mega Jaya.

Para Kodim 0606 Kota Bogor mengawal kegiatan Musrenbang. (Istimewa/Bogordaily.net)

Sementara itu, di tempat lain, Koptu Agus Supriyadhi, turut mengawal kegiatan Musrenbang di Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, pada Rabu 7 Desember 2022. Ia mengawal kegiatan tersebut dengan penuh semangat.

Menurutnya, Musrenbang merupakan agenda tahunan yang mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi.

 

“Semoga dengan adanya Musrenbang ini bisa menyerap aspirasi masyarakat dan program-program bisa tersalurkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat,” kata Koptu Agus Supriyadhi.

Hal serupa juga dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Pabaton, Serka Much Rochim yang mengawal kegiatan Musrenbang pada Rabu 7 Desember 2022. Kegiatan yang membahas program masyarakat, tahun anggaran 2024 tersebut dihadiri oleh para ketua RW, RT hingga para tokoh masyarakat.

Dalam pengawalannya tersebut, Serka Much Rochim juga turut mengikuti rangkaian kegiatan Musrenbang. Mulai dari pembahasan program, hingga saran-saran yang diajukan oleh para peserta yang hadir.(Muhammad Irfan Ramadan)

Sumber: Hans 74 Pendim 0606/Kota Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here