Friday, 3 May 2024
HomeBeritaBiografi & Profil Silmy Karim Dirjen Imigrasi Baru yang Mantan Dirut Krakatau...

Biografi & Profil Silmy Karim Dirjen Imigrasi Baru yang Mantan Dirut Krakatau Steel

Bogordaily.net – Biografi & profil jadi topik dan perbincangan publik setelah diangkat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi baru. 

Namanya pun kini jadi pertanyaan mengingat jabatan lamanya yang merupakan Direktur Utama PT Krakatau Steel dianggap nggak nyambung yang tiba-tiba menduduki jabatan dirjen imigrasi.

Lantas siapa dia dan seperti apa biografi dan profilnya? berikut akan diulas mengenai hal tersebut.

diketahui tercatat sebagai Direktur Utama PT Krakatau Steel. Dia menjabat Direktur Utama sejak September 2018. Dia juga memiliki sepak terjang di beberapa perusahaan lain. Dia pernah menjabat Direktur Utama di PT Pindad dan PT Brata.

Dilansir di website PT Pindad, Silmy dikenal aktif berbicara di berbagai forum di dalam dan luar negeri sebagai pemerhati kebijakan dan isu-isu pertahanan.

Ia juga telah mengikuti pendidikan di berbagai institusi, seperti NATO School di Jerman, Harvard University di Amerika Serikat, Naval Post Graduate School di Amerika Serikat, dan George C Marshall European Center for Security Studies di Jerman.

Ia ditunjuk sebagai Dirjen berdasarkan Keputusan Presiden No.165/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Sekjen Kemenkumham sekaligus Ketua Panitia Seleksi Dirjen Imigrasi, Andap Budhi Revianto, menjelaskan terpilihnya Silmy didasari hasil seleksi yang terdiri atas berbagai tahapan.

“Dengan adanya pejabat definitif, pelayanan Imigrasi diharapkan akan semakin lebih baik dan optimal,” tutur Andap dalam keterangan resmi Kemenkumham, Senin, 26 Desember 2022.

Silmy terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi, mulai proses administrasi dan rekam jejak, seleksi kompetensi bidang melalui penulisan makalah, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural melalui asesmen oleh Badan Kepegawaian Negara, hingga wawancara oleh Tim Pansel.

Pansel terdiri atas lingkup internal Kemenkumham sendiri, Kementerian PAN-RB, dan Lembaga Administrasi Negara. Berdasarkan hasil penilaian panitia seleksi, Silmy menjadi satu dari tiga peserta yang direkomendasikan Pansel ke Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Yasonna kemudian mengajukan nama-nama tersebut ke Tim Penilai Akhir (TPA) Pimpinan Tinggi Utama dan Madya sebagaimana ketentuan Peraturan Presiden Nomor 177 Tahun 2014 tentang Tim Penilai Akhir Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian dalam dan dari Jabatan Pimpinan Tinggi Utama dan Pimpinan Tinggi Madya.

Setelah Silmy terpilih, Kemenkumham akan segera melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Dirjen Imigrasi. Pelantikan Silmy direncanakan awal Januari 2023.

Demikian ulasan mengenai biografi dan profil Dirjen Imigrasi yang  baru.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here