Thursday, 16 May 2024
HomeNasionalCAT IPMB ASN Kemenag 2022, Contoh Soal dan Login akmi.kemenag.go.id

CAT IPMB ASN Kemenag 2022, Contoh Soal dan Login akmi.kemenag.go.id

Bogordaily.net – Contoh soal dan login akmi.kemenag.go.id jadi topik perbincangan para ASN yang akan mengikuti ujian seputar komputer.

Ujian ini memang sebih sederhana. Peserta cukup mendownload dan mengaktifkan akun di aplikasi yang sudah ditentukan.

Setelah tahapan login terlewati, peserta tinggal klik dan langsung mengisi sejumlah soal yang sudah disiapakan.

Ujian ini berlaku untuk seluruh ASN di bawah naungan Kemenag RI pada hari Selasa 27 Desember 2022 dan akan mengikuti tes gabungan ujian Indeks Profesional dan Moderasi Beragama (IPMB) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Tes ini digunakan untuk Kemenag untuk mengukur cara pandang beragama ASN dengan cara memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik kanan atau kiri.

Tujuan Kemenag ini, agar ASN Kemenag menjadi pelopor utama dalam pelaksanaan moderasi beragama untuk menghilangkan ekstremisme, radikalisme dan kebencian yang berakibat pecahnya kembali hubungan antar umat beragama.

Ada 4 poin yang akan diukur pada saat yakni kesetiaan, anti kekerasan, toleransi dan penerimaan terhadap tradisi.

Soal-soal ujian tentang moderasi beragama akan berkisar empat poin pengukuran dari Kemenag di atas.

Untuk melakukan tes , ASN Kemenag wajib login dengan akun dan password yang telah dibuka di laman akmi.kemenag.go.id.

Sejumlah contoh soal tentang moderasi beragama dari Kemenag RI lengkap dengan jawabannya disadur dari laman www.hanapibani.com:

1. Berikut ini adalah ciri-ciri radikalisme, kecuali …

A. Mengklaim kebenaran tunggal dan pemikiran kelompok lain yang tak sependapat
B. Berlebihan dalam beragama yang tidak pada tempatnya
C. Kasar dalam berinteraksi, keras dalam berbicara dan emosional dalam berdakwah
D. individu ataupun kelompok sosial terjamin hak-haknya sebagai manusia yang merdeka dan bermartabat
E. Mudah mengkafirkan orang lain yang berbeda pendapat

Jawaban: D

2. Penangkalan dengan melarang pencerahan kepada masyarakat tentang paham radikal, sehingga pembiaran tidak dapat mengembangkan paham radikal, hal ini merupakan pengertian dari salah satu pencegahan radikalisme yang disebut dengan …

A. Rehabilitasi
B. Reedukasi
C. Resosialisasi
D. Pembinaan
wawasan keagamaan E. Pembinaan keagamaan

Jawaban: B.

Baca Juga: Update Terbaru Soal Kasus Sayur Lodeh Potogan Jari Manusia: Terkuak Siapa Pemilik Jari? Ini Jawabannya

3. Saat ini banyak ditemukan perumahan yang dikembangkan sebagai hunian khusus bagi kelompok agama tertentu. Perumahan ini dikembangkan dengan aturan-aturan tertentu yang diyakini sebagai wujud dari implementasi hukum agama. Dalam konteks perumahan eksklusif Muslim, Sosiolog Imam B. Prasojo menemukan fenomena perumahan yang hanya khusus bagi Muslim. Pemilik rumah di perumahan ini dilarang menjual rumah kecuali kepada orang yang beragama Islam. Di perumahan ini juga ada beberapa peraturan, di antaranya: tak ada musik; shalat harus berjemaah; mengaji harus di perumahan masjid; perempuan tidak boleh keluar malam; dsb. Terkait narasi diatas, berikut yang termasuk sikap ektrimisme beragama adalah….

A. Senantiasa menjalankan ajaran agama yang dianutnya dengan sungguh-sungguh
B. Tidak mengikuti ibadah pemeluk agama lain tapi cukup
menghormatinya C. Tidak menyetujui adanya kezhaliman yang terjadi di masyarakat D. Senantiasa mengajak kepada yang baik dan mencegah seseorang untuk melakukan keburukan E. Mendakwahkan
ajaran
agamanya kepada pemeluk agama lain yang menolaknya

Jawaban:E

4. Dikisahkan bahwa suatu ketika al-Asy'ats bin Qais dan seorang Yahudi menghadap Rasulullah. Al-Asy'ats mengadu kepada Rasulullah karena tanahnya diambil seorang Yahudi tersebut. Setelah mendengar curhatan dan keluh kesah al-Asy'ats, Rasulullah tidak langsung menyalahkan seorang Yahudi dan memintanya untuk mengembalikan tanah yang diperebutkan tersebut kepada al-Asy'ats. Rasulullah malah bertanya kepada al-Asy'ats apakah dirinya memiliki bukti kepemilikan atas tanah tersebut. Al-Asy'ats mengaku tidak memilikinya. Rasulullah kemudian meminta seorang Yahudi tersebut untuk berjanji bahwa tanah itu memang miliknya, bukan milik al-Asy'ats sebagaimana yang dituduhkan. betapa keberatannya al-Asy'ats dengan cara Rasulullah itu. Ia mengklaim, jika seandainya disuruh bersumpah untuk memenangkan persengketaan tanah itu maka seorang Yahudi tersebut akan melakukan hal itu dan mengambil tanahnya. Dalam konteks moderasi beragama, sikap Rasulullah SAW dalam kisah diatas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW memiliki sikap….

A. Menjunjung kemaslahatan umum
B. Adil
C. Anti
kekerasan D. Penghormatan terhadap tradisi
E. Komitmen terhadap kehormatan

Jawaban: B

5. Suatu hari anak Gubernur Mesir Amr bin Ash, memukul seorang petani miskin. Sang petani tidak menerima perlakuan itu, ia kemudian memprotes dan menemui Umar bin Khattab sambil menuntut agar Khalifah menghukumnya dengan setimpal. Khalifah Umar lalu memanggil Abdullah, anak Gubernur itu dan berkata kepadanya, ‘sejak kapan kamu memperbudak orang padahal ibunya melahirkan dia dalam keadaan merdeka?. Abdullah diam dalam ketakutan yang luar biasa. Umar lalu mempersilahkan petani miskin tadi untuk membalasnya. Prilaku Umar bin Khattab pada kasus tersebut apabila dikaitkan dengan prilaku yang terjadi di lingkungan kelas adalah….

A. Guru memberikan teguran yang sangat keras kepada siswa yang tidak disiplin di kelas
B. Ahmad memberikan bantuan hukum kepada Fatoni yang terkena kasus pidana
C. Panji telah melakukan kesalahan kepada temannya, maka ia harus bersedia menerima teguran
D. Maysitoh memberikan kesempatan kepada Hadijah untuk meminta maaf atas kesalahannya
E. Bahrul Ulum tiba-tiba memukul orang yang telah melakukan penganiyaan terhadap dirinya

Jawaban: C

6. Diriwayatkan Imam At-Tirmizi, beliau (Rasulullah) pernah mengatakan betapa indahnya Anda wahai negeriku (Mekkah). Betapa saya sangat cinta kepadamu. Seandainya kaumku tidak mengeluarkanku darimu, tentu aku tidak akan bertempat tinggal selain dirimu,” ucapan itu dilontarkan Nabi Muhammad saat keluar dari Makkah sambil berlinangan air mata. Rasulullah sangat terpaksa meninggalkan negeri tempat tumpah darahnya. Prilaku Rasulullah SAW pada kisah tersebut apabila dikaitkan dengan prilaku yang yang terjadi di lingkungan masyarakat adalah….

A. Pergi keluar negeri untuk menghindari kasus hukum yang menjeratnya
B. Memprioritaskan barang-barang impor dari luar negeri yang kualitasnya sangat baik
C. Mendukung suku dan agamanya meskipun berada di pihak yang salah
D. Mempertentangkan antara ajaran agama yang dianutnya dan hukum yang berlaku di negaranya
E. Bersikap terbuka kepada seluruh anak bangsa tanpa melihat agamanya

Jawaban:E

Demikian contoh dan login akmi.kemenag.go.id. Selamat berlatih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here