Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorDishub Kota Bogor Intip Program Transportasi Anak Jokowi, Ini Hasilnya

Dishub Kota Bogor Intip Program Transportasi Anak Jokowi, Ini Hasilnya

Bogordaily.net–  Dinas Perhubungan (Dishub) bersama DPC Organda dan perwakilan Badan Hukum (BH) Angkutan Perkotaan (Angkot) melakukan kunjungan kerja (kunker) studi tiru ke Kota Surakarta, pada Kamis dan Jumat 8-9 Desember 2022.

Kunker studi tiru dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Eko Prabowo dan Plt Kabid Angkutan M. Yafies, serta para pengurus DPC Organda .

Sejumlah lokasi yang dikunjungi di kota kelahiran Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di antaranya ke kantor Dishub Kota Surakarta, PT Transportasi Global Mandiri, ke PT Bengawan Solo Trans, dan ke Terminal C Pelangi.

Kedatangan rombongan Dishub dan DPC Organda diterima langsung Kadishub Kota Surakarta Taufiq Muhammad bersama jajarannya di kantor Dishub, Jalan Menteri Supeno, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Kadishub Eko Prabowo mengatakan, kunjungan studi tiru ini selain silaturahmi, juga untuk mempelajari, menelaah program penataan transportasi yang sudah berjalan sukses di Kota Surakarta.

Untuk itu, Dishub mengajak jajaran Organda dan Badan Hukum agar ikut mempelajari dan mudah-mudahan ada ilmu bermanfaat yang nanti bisa diterapkan di .

Dinas Perhubungan (Dishub) bersama DPC Organda dan perwakilan Badan Hukum (BH) Angkutan Perkotaan (Angkot) melakukan kunjungan kerja studi tiru ke Kota Surakarta. (Istimewa/Bogordaily.net).

“Ini kan pengembangan wawasan untuk penataan program transportasi di Solo. Tiga tahun ini Solo ada banyak yang dikucurkan dari pemerintah pusat ke Solo, khususnya penataan transportasi. Jadi kita meniru hal yang baik dan kita bisa mengadopsi kemudian kita lakukan di ,” ungkap Eko, Kamis 8 Desember 2022.

Dengan kegiatan ini, menjadi wawasan dan pengalaman, sehingga tidak berkutip di Kota Bogor saja. Di daerah lain kata dia, penataan transportasi sudah sejauh mana.

“Kita jangan puas di kota sendiri, sebenarnya kita ketinggalan di kota lain. Padahal di Kota Bogor banyak program, bahkan banyak juga daerah yang meniru Kota Bogor,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat Eko menyebut di Kota Bogor akan direalisasikan untuk BTS Angkot pada kolidor 3 dan 4. Untuk kelancaran program itu, maka Organda dan Badan Hukum diajak ke PT Transportasi Global Mandiri, sebagai pihak yang sudah menjalankan BTS Angkot di Kota Solo ini yang dipimpin Walikota Gibran Rakabuming Raka ini.

“Hal yang bagus di Solo, insya Allah kita akan jalani, pelajari dan kita akan lakukan berkenaan dengan BTS angkot, kemudian BTS Feeder angkotnya sendiri, perintisnya sendiri. Kemudian busnya sendiri. Kita sudah punya gambaran berkenaan sistemnya sendiri. Nanti akan kita tindaklanjuti untuk target kolidor 3 dan 4,” jelasnya.

“Jadi, di sini semua perusahaan badan hukum bersatu menjadi konsorsium. Nah, untuk BTS Angkot kolidor 3 dan 4 di Kota Bogor kita juga bisa menerapkan atau mengadopsi program yang sudah berjalan di Kota Solo ini,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Sekretaris DPC Organda Kota Bogor, Yadi Indra Mulyadi menyambut baik dan mengapresiasi langkah yang mengajak langsung jajaran organda dan badan hukum untuk mempelajari soal transportasi di Kota Solo.

“Kami banyak mempelajari soal penataan transportasi dan BTS, karena di Kota Bogor untuk BTS bus sudah berjalan, tinggal BTS Angkot. Kami berharap dengan studi tiru ini, teman-teman bisa mengambil pengalaman dan wawasan ini,” ujar Yadi.

Terpisah, Kadishub Kota Surakarta, Taufiq Muhammad menuturkan, program BTS bus dan angkot sudah berjalan. Salah satunya, Teman Bus yang merupakan kepanjangan dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman yang merupakan program Buy The Service (BTS).

Dengan membeli layanan untuk angkutan massal perkotaan, kepada operator dengan mekanisme lelang berbasis standar pelayanan minimal (SPM).

“Untuk feeder angkotnya, kami memiliki Batik Solo Trans yang melayani enam kolidor di Kota Solo ini,” jelasnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here