Friday, 29 March 2024
HomeNasionalGubernur Himbau Warga Tidak Beraktifitas di Sekitar Kawasan Gunung Semeru

Gubernur Himbau Warga Tidak Beraktifitas di Sekitar Kawasan Gunung Semeru

Bogordaily.net – Jalur evakuasi erupsi Sudah disiapkan. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau warga tidak perlu panik dan tidak beraktifitas di sekitar kawasan tersebut.

kembali erupsi pada Minggu (4/12/2022). Ia memastikan jalur evakuasi sudah tersedia bagi warga di titik-titik terdampak. Menurut laporan, status di Kabupaten Lumajang mengalami peningkatan dari level III yakni siaga menjadi level IV atau awas.

“Saya mohon agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan tidak melakukan aktivitas apapun dan tidak panik. Saat ini utamakan keselamatan, evakuasi diri terlebih dahulu,” kata Khofifah melalui keterangan tertulisnya, Minggu.

“Tolong, karena saat ini aktivitas Semeru meningkat. Segera cari dan evakuasi diri agar aman dan selamat,” tambahnya.

Melihat data Pos Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (PVMBG ESDM), tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak atau 5.176 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Dengan melihat data itu, Khofifah mengimbau kepada masyarakat dilarang melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi atau sempadan sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

“Penanganan bencana menjadi prioritas utama Pemerintah Provinsi Jatim, utamanya dalam evakuasi para korban terdampak. Termasuk di antaranya kebutuhan para pengungsi,” terangnya.

Selain itu, Khofifah memastikan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim sudah mulai mengirimkan bantuan, baik kebutuhan pokok untuk masyarakat terdampak maupun relawan.

“Kami telah menyiapkan langkah sigap yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jatim di bawah koordinasi bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana/ BNPB dan tentunya Pemerintah Kabupaten Lumajang guna memaksimalkan layanan bagi masyarakat yang terdampak.” [ANTARA/suara.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here