Monday, 20 May 2024
HomeBeritaGunung Fuego di Guatemala Erupsi, Bandara Ditutup

Gunung Fuego di Guatemala Erupsi, Bandara Ditutup

Bogordaily.net–  di . Salah satu gunung berapi paling aktif di Amerika Tengah ini mengeluarkan lahar dan debu. Otoritas kota kemudian menutup jalan utama dan bandara terbesar di wilayah tersebut.

Dilansir CNN Indonesia Fuego, dalam bahasa Spanyol artinya api, bergemuruh pada Sabtu malam sampai Minggu, 12 Desember 2022. Batuan cair mengalir menuruni lerengnya dan abu tersembur hingga dua kilometer di udara. Angin membawa abu tersebut sampai ke kota yang berada sejauh 35 kilometer.

Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil dalam sebuah pernyataan menyebut akibat gunung tersebut, Bandara Internasional La Aurora yang berjarak enam kilometer dari ibu kota ditutup sementara pada pagi hari.

Penutupan dilakukan karena terdapat abu di dekat landasan pacu dan setidaknya dua penerbangan masuk sudah dialihkan.

Carlos Aquino, juru bicara kepolisian setempat mengatakan jalan yang menghubungkan selatan dan tengah ditutup sebagai tindakan pencegahan.

Gunung berapi ini meletus rata-rata setiap empat sampai lima tahun. Pada letusan 2018 membuat sungai lava di sisinya, menghancurkan desa San Miguel Los Lotes dan menewaskan 215 orang serta orang dalam jumlah sama dinyatakan hilang.

Belum ada pernyataan korban jiwa atau pun warga perlu dievakuasi. Selain Fuego, juga punya gunung berapi aktif lainnya yaitu Santiaguito di barat dan Pacaya di selatan.

Sementara itu Fuego terletak 16 kilometer dari Antigua, bekas ibu kota negara yang punya lanskap indah dan merupakan objek wisata terbesar.

Fuego yang berarti api dalam bahasa Indonesia adalah salah satu dari 34 gunung api aktif di Amerika. Lokasinya berada di dekat Antigua, situs warisan dunia UNESCO yang selamat dari dari sejumlah besar. Aktivitas terbesar terakhir sebagian besar terjadi di sisi jauh gunung api, menghadap ke pesisir Pasifik.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here