Friday, 29 March 2024
HomeNasionalJW.Org Situs Web yang Mudah Digunakan oleh Penyandang Disabilitas

JW.Org Situs Web yang Mudah Digunakan oleh Penyandang Disabilitas

Bogordaily.net–  Hari Penyandang Internasional akan diperingati pada tanggal 3 Desember 2022. Hari tersebut cukup penting karena ada lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia yang mengalami , dengan 80% diantaranya tinggal di negara berkembang (UN.org).

Bagaimana dengan di Indonesia? Menurut Biro Pusat Statistik (BPS), jumlah penyandang di Indonesia mencapai 22,5 juta jiwa pada tahun 2020 (kemensos.go.id). Artinya, satu dari 12 orang Indonesia memiliki keterbatasan fisik seperti tidak bisa berjalan, berbicara, melihat, dan lain sebagainya.

Banyak penyandang saat ini belum memiliki akses yang sama ke layanan publik, perawatan kesehatan, dan pendidikan seperti masyarakat umum. Ini termasuk kelangkaan teknologi media informasi yang mudah mereka gunakan. Misalnya, informasi dalam bahasa isyarat masih terbatas bagi mereka yang tuli. Membaca juga bisa jadi masalah bagi para tunanetra. Tidak semua tunanetra bisa membaca braille dan kalaupun mereka bisa, bacaan dalam huruf braille juga jarang ada.

Situs web jw.org berupaya memberikan informasi yang bermanfaat bagi semua orang, termasuk bagi penyandang seperti tunanetra atau mereka yang tuli. Misalnya untuk penyandang tunanetra, jw.org menyediakan fail pembaca layar (RTF) dan pencatat braille (BRL) serta video dengan deskripsi audio.

Penyandang tunanetra yang memiliki komputer dengan program pembaca layar dapat mendownload artikel-artikel yang memiliki format RTF di jw.org sehingga bisa mendengarkan suara sesuai dengan tulisan di layar.

Penyandang tunanetra yang memiliki mesin pencatat Braille (notetaker) bisa mendownload artikel-artikel di jw.org dalam format BRL sehingga bisa dibaca dalam huruf braille dan bisa diputar suaranya juga.

Namun, bagaimana dengan penyandang tunanetra yang tidak memiliki perangkat tersebut? Mulai tahun 2022, jw.org menyediakan sejumlah video dengan deskripsi audio. Video dengan deskripsi audio berisi penjelasan tentang apa yang terjadi dalam suatu video sehingga penyandang tunanetra atau orang-orang yang memiliki keterbatasan penglihatan dapat mengerti dan membayangkan setiap adegan yang ada di video.

Bagaimana dengan mereka yang tuli? Situs web jw.org juga menyediakan banyak video dalam lebih dari 100 bahasa isyarat. Selain itu, aplikasi JW Library Sign Language dirilis pada tahun 2013. Di aplikasi tersebut, mereka yang tuli dapat mendownload dan memutar video bahasa isyarat secara gratis di HP dan tablet mereka. Aplikasi ini awalnya dirilis untuk Bahasa Isyarat Amerika. Kemudian, pada tahun 2017, semua bahasa isyarat lainnya ditambahkan termasuk Bahasa Isyarat Indonesia.

Apa manfaat yang dirasakan oleh para penyandang dengan menggunakan fitur-fitur di jw.org? Selain memperoleh informasi yang bermanfaat dan mudah dimengerti, artikel-artikel di jw.org juga membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih baik.

Misalnya, Yanti seorang wanita penyandang tuli, merasakan manfaat dari menonton video dalam bahasa isyarat.

”Video dalam Bahasa Isyarat Indonesia membantu saya meningkatkan kemampuan bahasa isyarat saya. Selain itu, video-video itu juga membantu saya agar bisa menjalani hidup yang bahagia dan bermakna,” ujar Yanti.

Bagaimana dengan manfaat yang dirasakan oleh penyandang tunanetra dengan menggunakan fitur-fitur di jw.org?

”Saya bisa buka situs web jw.org yang dibuat oleh untuk download rekaman audio. Layar braille membuat saya bisa membaca apa yang ada di layar komputer. Layarnya punya titik-titik kecil yang menonjol ke atas yang membentuk huruf braille. Ini sangat luar biasa!” kata Loli, seorang tunanetra

Situs web jw.org berupaya menyediakan informasi bagi orang-orang dari semua latar belakang, termasuk penyandang . Mereka juga memiliki kebutuhan yang sama atas informasi seperti masyarakat umum lainnya.***

Copy Editor: Riyaldi Suhud

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here