Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorPlt Bupati Bogor Minta Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Plt Bupati Bogor Minta Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Bogordaily.net–  Plt Bupati Bogor meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi  terutama di wilayah . Khususnya bagi masyarakat yang tinggal daerah rawan bencana.

“Kami minta kepada seluruh masyarakat apalagi Bogor daerah wisata juga di daerah pegunungan dan lain-lain, daerah rawan banjir hati-hati, karena ini tidak bisa kita prediksi,” kata Iwan saat ditemui wartawan usai kegiatan Refleksi Akhir Tahun, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa, 27 Desember 2022.

Kemudian kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan selalu siaga dan berkordinasi dengan BMKG. Masyarakat pun diimbau untuk memperihatikan berbagai himbauan perihal cuaca dari BMKG.

“Pada prinsipnya kami di pemerintah daerah juga siap siaga dan BKMG juga setiap hari memberikan informasi terkait cuaca ini juga harus diperhatikan, jangan dianggap begitu selewat, kalaupun terjadi ya mudah mudahan dari Pemerintah harus siap siaga,” jelasnya.

Selain itu untuk antisipasi, pihaknya akan menerjunkan personel, salah satunya yakni Destana atau Desa Tangguh Bencana untuk mengedukasi masyarakat terhadap cuaca ekstrim di wilayah .

“Namanya bencana kan tidak bisa diprediksi, mungkin antisipasinya kami edukasi terhadap masyarakat, yang kedua kami harus siap-siap dengan personel aparat dan mitigasi kepada masyarakat kami juga punya Destana yang sudah terlatih, untuk menginformasikan cuaca yang berbahaya seperti tebingan, sungai harus dimitigasi agar menyelamatkan masyarakat,” ujar .

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor kembali merilis peringatan dini hujan disertai kilat dan angin kencang.

Dalam peringatan dini BMKG Stasiun Klimatologi Bogor tersebut disebutkan, 21 kabupaten dan kota di Jawa Barat berpotensi hujan disertai kilat dan angin kencang.

Peringatan dini hujan disertai kilat dan angin kencang yang disampaikan BMKG tersebut untuk wilayah Jawa Barat.

Berdasarkan analisa BMKG, hujan disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi sepanjang siang hingga sore hari di beberapa daerah di Jawa Barat termasuk . (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here