Monday, 13 May 2024
HomeKota BogorPPJ Kota Bogor Bangun Pasar Jambu Dua Akhir Tahun 2022

PPJ Kota Bogor Bangun Pasar Jambu Dua Akhir Tahun 2022

Bogordaily.net–    (PPJ) segera membangun serta melakukan beauty contest untuk pembangunan pasar di wilayah bagian utara . Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panita Beauty Contest Pasar Warung Jambu yang juga Direktur Umum Perumda , Jenal Abidin, Selasa 13 Desember 2022.

Ketua Panita Beauty Contest Pasar Warung Jambu yang juga Direktur Umum Perumda , Jenal Abidin mengatakan, rencana pembangunan Pasar Warung Jambu sudah dimatangkan. Selanjutnya dilakukan proses beauty contest. Setelah dibuka peminat yang masuk cukup banyak dan ada lima calon investor yang mendaftar.

“Alhamdulillah yang berminat banyak, lima calon investor mendaftar. Namun yang lolos administrasi hanya satu, yaitu PT Bogor Argha Makmur,” ujar Jenal Abidin kepada wartawan.

Setelah dinyatakan lolos administrasi, minggu kemarin bersama calon investor melakukan inspeksi mendadak (sidak) Pasar Warung Jambu. Selanjutnya adalah sudah masuk tahapan aanwijzing atau penjelasan awal sebelum pekerjaan atau tender yang dilakukan.

“Sambil mengecek eksisting Pasar Warung Jambu, dilakukan aanwijzing. Kemudian dilanjut ekspose proposal rencana revitalisasi. Saya langsung mendampingi calon investor,” jelas

Nantinya kata Jenal, akan ada tahap penilaian proposal oleh tim. Diantaranya yaitu penilaian teknis dan bonafiditas perusahaan.

“Jadi nanti dilihat apakah perusahaan yang lolos administrasi ini bonafit atau tidak. Ya mudah-mudahan minggu ini atau pekan depan sudah selesai,” terangnya.

Tak hanya itu, pembangunan Pasar Warung Jambu juga berkaitan dengan rencana para pedagang pangan dari Pasar Bogor pindahkan ke Jambu Dua sedangkan Pasar Sukasari untuk menampung pedagang pakaian aksesoris yang ada di Plaza dan Pasar Bogor.

“Kami berharap seluruh rencananya berjalan lancar, para pedagang dan masyarakat paham yang dilakukan Perumda merupakan niat baiknya untuk pedagang dan masyarakat ,” jelasnya.

Informasi yang dihimpun, Perumda sudah mengajak para pedagang Pasar Bogor untuk melihat lokasi pemindahan, mengirim surat edaran dan sosialisasi pada kelompok-kelompok pedagang. Ke depan, PPJ juga akan mengeluarkan surat edaran yang detil dan melakukan sosialisasi lebih masif.

Sebelumnya, Direktur (PPJ) Kota Bogor, Muzakkir menuturkan, pembangunan pasar ini bertujuan untuk memindahkan Pasar Bogor.

“Para pedagang pangan akan kita pindahkan ke Jambu Dua sedangkan Pasar Sukasari untuk menampung pedagang pakaian, aksesoris yang ada di Pasar Bogor. Di sana nantinya akan ditempati gabungan pedagang Pasar Bogor dan existing yang ada di sana,” ujar Muzakkir.

Ia menargetkan, kedua pasar ini selesai pada Oktober 2023 mendatang. Untuk Plaza Bogor, Muzakkir menambahkan, para pedagang akan dipindahkan ke Pasar Kebon Kembang. Tepatnya di Blok F dan Blok AB. Lebih dari 320 pedagang akan dipindahkan ke kios-kios yang ada di sana.

Sebelum dibongkar dan dibangun, Plaza Bogor akan mulai dikosongkan terlebih dahulu. Pengosongan ditargetkan selesai pada Januari 2023. Setelah dikosongkan Plaza Bogor akan dibongkar pada Februari 2023 dan mulai dibangun pada Maret 2023.

Muzakkir mengatakan pihaknya sudah mengajak para pedagang untuk melihat lokasi pemindahan, mengirim surat edaran, dan sosialisasi pada kelompok-kelompok pedagang. Ke depan dirinya juga akan mengeluarkan surat edaran yang detil dan melakukan sosialisasi lebih masif. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here