Wednesday, 8 February 2023
HomeKesehatanSering Ngilu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Sering Ngilu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif

IIMS

Bogordaily.net – Apakah Anda pernah merasakan gigi ngilu ketika minum dingin atau ketika minum panas? Bisa jadi itu tanda Anda terkena gigi sensitif. Ngilu pada gigi sensitif jangan sampai diabaikan begitu saja, berikut cara mengatasi gigi sensitif.

Ngilu pada gigi sensitif jangan sampai diabaikan begitu saja, karena jika sudah parah bisa menyebabkan kerusakan. Anda perlu ketahui, gigi sehat itu dikatakan adanya lapisan luar email yang keras menutupinya untuk melindungi saraf di dalamnya.

Berikut ini kami sudah sajikan untuk Anda cara menghilankang maupun mengusir ngilu pada gigi sensitif yang kerap dialami oleh orang-orang.

Tidak hanya itu kami juga sudah merangkum beberapa gejala dan penyebab yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Mengutip dari berbagai sumber, kami sudah merangkum beberapa diantaranya untuk Anda ketahui. Apa saja?

1. Abses Gigi

Selanjutnya, penyebab gigi ngilu disebabkan karena adanya rongga atau pulpitis yang tidak dirawat. Di mana hal tersebut disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam ruang pulpa. Ruang pulpa yang terinfeksi kemudian mencoba mengalirkan dirinya keluar dari ujung akar gigi.

2. Gigi Sensitif

Mungkin Anda sering mengalami ketidaknyamanan saat gigi terkena suhu dingin, cairan, atau makanan tertentu. Kondisi seperti itulah yang menjadi salah satu pertanda gigi ngilu dan mungkin telah mengembangkan sensitivitas yang terkait dengan satu atau lebih rangsangan, seperti suhu dingin.

3. Gigi retak

Gigi retak juga bisa menjadi penyebab gigi ngilu. Di mana, adanya gigi yang retak dapat terjadi karena trauma pada mulut. Selain itu, kekuatan dari menggigit benda yang mungkin terlalu keras bisa menyebabkan gigi retak. Gejala gigi retak mungkin termasuk rasa sakit yang tajam saat menggigit atau mengunyah.

4. Gigi rusak

Memiliki gigi yang rusak biasanya kerap memacu pada erosi dan pembentukan rongga di permukaan luar (enamel) gigi. Ketika plak atau lapisan lengket bakteri terbentuk pada email gigi, plak akan memakan gula dan pati dari partikel makanan di mulut.

Cara Menghilangkan Ngilu pada Gigi Sensitif

Berikut ini terdapat sederet cara menghilangkan ngilu pada gigi sensitif yang mungkin sering dialami oleh sebagian orang. Apa saja?

Segera Lakukan Pengobatan

Melakukan pengobatan tergantung pada diagnosis yang yang diketahuinya lebih dulu, dokter gigi tentu dapat merekomendasikan atau meresepkan berbagai obat sebagai cara mengatasi ngilu pada gigi sensitif.

Antibiotik

Jika memiliki abses, pulpitis, gingivitis, atau periodontitis, pasti pakar kesehatan atau dokter Anda akan meresepkan antibiotik, seperti amoksisilin. Antibiotik ini nantinya akan diresepkan untuk sinusitis bakteri.

Pembilasan Oral

Tahukan Anda, ternyata pembilasan pada mulut klorheksidin dapat diberikan oleh dokter gigi untuk mengobati radang gusi. Nah bagi gigi sensitif, selain harus rajin sikat gigi dengan pasta gigi khusus yang dibuat untuk gigi sensitif, seperti Sensodyne, dokter Anda juga pasti akan menyarankan Anda mengoleskan fluoride pada gigi Anda (terutama bagian gigi yang memenuhi gusi).

Gunakan Pasta Gigi yang Dibuat untuk Gigi Sensitif

Menggunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk mengobati sensitivitas gigi dapat membantu meredakan gejala. Sebagian besar pasta gigi ini mengandung bahan yang untuk sementara mengisi lubang kecil di email dan dentin Anda. Ini mengurangi jumlah paparan yang akan diterima saraf sensitif gigi Anda.

Gunakan Sikat Gigi Lembut

Salah satu tip mudah yang dapat digunakan untuk menghilangkan gigi sensitif adalah mengganti sikat gigi Anda. Jika Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu yang kaku, Anda bisa memperburuk kondisi Anda. Bulu yang kaku dan pasta gigi yang abrasif keras pada enamel, menyebabkan lubang yang lebih mikroskopis dan akhirnya lebih sensitif.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

E-paper

Hari Pers Nasional

Selamat Tahun Baru 2023

Bank Kota Bogor