Monday, 29 April 2024
HomePolitik472 Calon PPS Ikuti Seleksi Wawancara, Ini Harapan Samsudin

472 Calon PPS Ikuti Seleksi Wawancara, Ini Harapan Samsudin

Bogordaily.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor, melaksanakan tahapan wawancara kepada 472 orang calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) pada pemilu 2024. Tes wawancara ini dilakukan Kantor Jalan Senam No.12, RT.04/RW.02, Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, Kamis 19 Januari 2023.

Ketua , Samsudin mengatakan, tahan wawancara ini diawali dengan tahapan admistrasi. Dimana calon anggota PPS itu mendaftar sebanyak 920 orang.

Setelah itu, lakukan adminstratif kembali, dengan hanya meloloskan 558 orang. Kemudian mereka melaksanakan tes tertulis menggunakan sistem dan metode Computer Assisted Test (CAT), hingga menyisakan 472 orang.

“472 orang ini kami saring kembali menjadi 204 orang. Dimana, masing-masing Kelurahan itu 3 orang petugas PPS nya,” kata Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin kepada bogordaily.net.

Selama 3 hari (18-19-20 Januari 2023) calon anggota PPS yang mengikuti tes wawancara 472 orang dan di bagi menjadi 3 tim dan pihaknya melaksanakan secara pararel.

Untuk tahapan wawancara, kata Samsudin, pihaknya melakukan secara paralel. Jadi, calon PPS masuk sekitar 5-7 orang keruangan dan mereka berasal dari Kelurahan yang berbeda-beda.

“Hal ini agar saat mereka di wawancara tidak bersaing. Mereka bisa nyaman bereksplorasi dan menjawab pertanyaan,” ucapnya.

Pada wawancara, Samsudin menjelaskan, bahwa para peserta di beri pertanyaan soal pengetahuan, pengalaman serta pengalaman dalam pemilu dan juga para peserta harus mempunyai modal kuat 3 hal yakni integritas, profesionalitas dan loyalitas.

Setelah mengikuti wawancara ini, para calon anggota PPS bisa mengetahui hasil lolos atau tidaknya bisa dilihat di pengumuman nantinya atau bisa dilihat melalui email masing-masing peserta.

“Nantinya, 204 orang yang lolos ini kami berharap mendapatkan pps yang punya integritas, profesional dan loyalitas yang baik dan tinggi kepada lembaga. Sehingga, penyelenggaraan pemilu 2024 tingkat Kelurahan di Kota Bogor bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here