Monday, 29 April 2024
HomeHiburan5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri, Selamat Tinggal Insecure

5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri, Selamat Tinggal Insecure

Bogordaily.net – Menyambut Tahun Baru, tentunya kita perlu mengubah diri kita menjadi lebih baik lagi. Rasa percaya diri menjadi elemen penting yang sebaiknya dimiliki oleh setiap manusia. Untuk kamu yang sedang merasa , berikut lima .

Meski terkesan mudah, tetapi sesungguhnya adalah hal yang cukup rumit. Rasa percaya diri ini tidak bisa tumbuh dengn sendirinya. Tak jarang, seseorang kesulitan memiliki rasa percaya diri sehingga menemukan beberapa hambatan dalam bergaul.

Namun, terdapat beberapa tindakan yang lebih praktis dan efektif untuk membangun rasa percaya diri Anda, berikut diantaranya:

1. Puji diri sendiri

Cobalah ini untuk kepercayaan dirimu. Jika kamu merasa menyukai penampilanmu saat ini dalam balutan pakaian, pujilah diri kamu sendiri dengan kalimat afirmasi yang positif.

Tentunya ini bisa harga diri dan membuat kamu merasa baik. Bahkan jika kamu memiliki beberapa jerawat di wajah atau merasa sedang bad-hair-day, temukan sesuatu untuk dihargai tentang diri kamu sendiri. Itu bisa apa saja, mulai dari fisik (matamu yang cantik, senyummu yang manis, atau tubuh yang menarik) hingga kepribadianmu.

2. Kurangi intensitas scrolling di media sosial

Media sosial bisa saja menyebabkan orang merasa tidak aman dan tertekan. Mengikuti influencer dengan kehidupan yang “sempurna” hanya akan merusak harga diri. Ingat, apa yang kamu lihat di media sosial biasanya jauh dari kebenaran. Mereka biasanya hanya mengunggah saat-saat indah dan tidak menunjukkan bagaimana kehidupan mereka sebenarnya. Pasti setiap orang juga memiliki sisi ups and downs-nya sendiri.

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tentunya jika kamu selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, ini merupakan kegiatan yang memakan waktu. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki karakter dan jalan hidup yang berbeda.

Alih-alih berfokus pada apa yang tidak kamu miliki, pikirkan tentang apa yang sudah kamu miliki, seperti bersyukur atas kecantikan yang sudah kamu miliki sejak lahir!

4. Perbanyak kegiatan yang menyenangkan

Melakukan hal-hal yang menyenangkan diri sendiri nampaknya sah-sah saja dalam membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri.

Hal ini akan membuat kamu melepaskan segala penat, stres, hingga cemas yang dirasakan. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dan percaya diri melangkah dalam menggapai tujuan yang kamu inginkan.

5. Keluar dari zona nyaman

Mencoba sesuatu hal yang baru dan melangkah keluar dari zona nyaman bisa menjadi salah satu untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Sebab, mencoba hal baru kerap diikuti dengan sikap yakin terhadap kemampuan diri. Sisi baiknya, ketika keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru, Anda justru berpeluang untuk memperluas zona nyaman itu.(*)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here