Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalHaul Abah Guru Sekumpul ke-18, Dihadiri Ma'ruf Amin dan Ulama Besar Tanah...

Haul Abah Guru Sekumpul ke-18, Dihadiri Ma’ruf Amin dan Ulama Besar Tanah Air

Bogordaily.net ke-18 yang digelar di di kediaman pribadi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, di Jalan Kertak Baru Kampung Keramat, Kalimantan Selatan, dihari oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Tak hanya Ma'ruf Amin, ribuan peserta haul dari berbagai daerah di Kalimantan ini memadati lokasi hingga mengular sepanjang kurang lebih lima kilometer dari lokasi peringatan acara berlangsung. Selain dipenuhi ribuan jamaah, hadir pula para besar dan para Habaib dari berbagai daerah.

Melansir dari Republika, Saat tiba di lokasi, Wapres langsung disambut Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfiz dan Ilmu Al-Quran, KH Muhammad Wildan Salman (Guru Wildan).

Kemudian acara mulai dari sambutan Gubernur Kalsel, pembacaan manaqib atau riwayat hidup Abah Guru Sekumpul, lalu sambutan Wapres ditutup dengan doa tahlil dipimpin Wapres.

Kiai Ma'ruf menyebut Abah Guru Sekumpul juga banyak dicintai banyak orang. Ini dibuktikan dengan banyak orang yang menyebut kebaikannya baik semasa hidup hingga setelah meninggal dunia pada 2005 lalu.

“Kegembiraan di dunia itu antara lain, yaitu dicintai oleh manusia, dicintai orang, dengan orang menyebut kebaikan tentang dia. Saya kira beliau dicintai banyak orang, dan orang menyebut kebaikan dia,” kata Ma'ruf dalam sambutannya, dikutip dari Republika, Jumat 27 Januari 2023.

Selain itu, puluhan stand makanan gratis yang merupakan sumbangan dari masyarakat serta organisasi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), sudah mulai berdiri di tepi jalan sekitar Ikon Jelawat.

Sebagai informasi, Abah Guru Sekumpul ini memiliki nama asli KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari, adalah salah seorang besar dan berpengaruh dari Kalimantan Selatan.

Semasa hidupnya, Abah Guru Sekumpul dikenal sebagai yang kharismatik dan memiliki banyak santri yang tidak hanya berasal dari Kalimantan, tetapi juga dari seluruh Indonesia.

Abah Guru Sekumpul memiliki karya-karya yang menjadi rujukan penting bagi dunia pendidikan Islam. Diantaranya, Risalah Mubaraqah, Manaqib Asy-Syeikh As-Sayyid Muhammad bin Abdul Karim Al-Qadir al-Hasani As-Samman al-Madani, Ar-Risalatun Nuraniyah fi Syarhit Tawassulatis Sammaniyah, dan lainnya.

yang ke-18 ini, benar-benar dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here