Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorJam Operasional Sepeda Listrik Beam di Kota Bogor Dibatasi? Ini Penjelasannya

Jam Operasional Sepeda Listrik Beam di Kota Bogor Dibatasi? Ini Penjelasannya

Bogordaily.net – Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Kota, Kompol Galih Apria, menghimbau agar Beam tidak lebih dari jam 21.00 WIB.

Hal tersebut ia ungkapkan saat hadir dalam kegiatan Jumat Curhat di Taman Expresi, Kota , pada Jumat 20 Januari 2023.

“Bukan tanpa alasan, sebab berdasarkan hasil survey dan observasi di lapangan, untuk penggunaan   Beam di atas jam 21:00 WIB biasanya berkendara hingga turun ke jalan raya,” kata Kasat Lantas Polresta Kota, Kompol Galih Apria, Jumat 20 Januari 2023

Kompol Galih menerangkan, sebenarnya himbauan tersebut sudah disampaikan langsung ke perwakilan PT Beam, saat pertemuan yang dilakukan antara Pemkot , PT Beam dan pihak kepolisian baru-baru ini. Akan tetapi, pihak PT Beam belum bisa memastikan, dan mengaku akan membahas terlebih dahulu dengan jajaran atas.

“Nah itu yang kami agak khawatir, mereka masih akan membahas itu ke pimpinan atas, ya mudah-mudahan bisa direalisasikan,” ujar Kompol Galih

Selain itu, kata Galih, penggunaan Beam, lebih efektif bila digunakan tidak lebih dari jam 21.00 WIB. Karena dikhawatirkan, saat penggunaan malam hari, banyak pengguna yang turun ke jalan raya, mengendarai tersebut dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kemudian, ia juga menambahkan, berdasarkan Permenhub Nomor 45 tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik, bahwa tempat parkir tidak diizinkan berada di trotoar.

Atas itu, pihaknya meminta ke pengembang, dalam hal ini PT Beam, untuk tidak menggunakan tempat penyewaan sekaligus tempat parkir sepeda listrik di trotoar.

“Kami mengimbau untuk shuttle atau tempat penyimpanan Beam itu jangan di trotoar. Apalagi, terlebih di tengah-tengah tempat disabilitas yang lewat, sehingga itu akan menggangu dari pada pejalan kaki,” tutup Galih

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here