Monday, 29 April 2024
HomeNasionalJKN Jadi Asuransi Sosial Single Provider Terbesar di Dunia

JKN Jadi Asuransi Sosial Single Provider Terbesar di Dunia

Bogordaily.net –  () menjadi sosial single provider terbesar di dunia. Hal ini diungkapkan oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menjelang satu dekade pelaksanaan Program . Ia menjelaskan program tersebut telah berjalan on the right track dan memberikan manfaat besar bagi warga.

“Program adalah sosial single provider terbesar di dunia. Tidak pernah terbayangkan dalam waktu pendek kita bisa capai hasil seperti sekarang ini,” terang Yustinus, dikutip dari PMJ, Selasa, 31 Januari 2023.

Yustinus melanjutkan, dibalik gagasan tentang , bersemayam satu ide penting yang sangat filosofis.

Dirinya mengutip paparan Ronald Dworkin ahli politik Amerika Serikat yang mengatakan bahwa ‘dalam konsep negara demokratis, setiap warga negara itu boleh bermimpi kelak akan menjadi orang kaya dan dia akan membayar pajak'.

“Sama halnya dia boleh berharap ketika jatuh sakit akan dirawat oleh negara. Nah itulah manifestasi dari ide besar di balik program ini,” tuturnya.

“Jadi, saya ingin mengaitkan antara pembayaran pajak dengan asuransi sosial ini,” tandasnya.

Sebelumnya, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menaikan tarif pelayanan kesehatan bagi pemegang () di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Penyesuaian tarif tersebut berlaku di pelayanan kesehatan dasar maupun rujukan.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 3 Tahun 2023 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan yang diundangkan pada 9 Januari 2023.

“Ini merupakan kali pertama adanya kenaikan tarif layanan kapitasi yang akan diterima puskesmas/klinik/dokter praktek dari BPJS Kesehatan sejak tahun 2016.” Ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin dikutip dari laman resmi Sehat Negeriku, Selasa, 17 Januari 2023.

Dalam aturan itu layanan yang dapat dibayarkan melalui BPJS untuk berbagai tindakan medis di faskes disesuaikan. Penyesuaian tarif ini juga memberikan jaminan insentif yang lebih baik untuk tenaga kesehatan.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here