Saturday, 20 April 2024
HomeTravellingKeunikan Patung Sleeping Buddha di Tonjong, Begini Sejarahnya

Keunikan Patung Sleeping Buddha di Tonjong, Begini Sejarahnya

Bogordaily.net yang berada di Vihara Buddha Dharma dan 8 Phosat ini menjadi unik dan menarik lantaran ukurannya yang besar dengan panjang 18 meter dan tinggi 5 meter, serta memiliki berat 40 ton.

Sleeping Buddha yang beralamat di Kampung Jati, RT.02 RW.06, Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor menjadi yang terbesar di Jawa Barat dan tak hanya dijadikan tempat ibadah melainkan dibuka untuk umum secara gratis.

Pengurus Yayasan Teratai Kasih, Andrean Halim menceritakan sejarah atau yang biasa disebut masyarakat lokal patung Buddha tidur. Ia menyebut, patung tersebut terinspirasi dari meditasi yang dilakukan oleh pendiri sekaligus pembina Vihara Buddha Dharma dan 8 Phosat yakni Andy Suwanto Dhanujaya.

Patung Sleeping Buddha

Kemudian pada tahun 2010, akhirnya patung ini baru mulai dibangun oleh orang-orang lokal yang menghabiskan waktu selama satu tahun. Di tahun 2012, barulah peresmian patung Buddha tidur ini dilakukan bersamaan dengan ulang tahun Vihara Buddha Dharma dan 8 Phosat pada tanggal 28 April 2012.

“Tahun 2010 sudah mulai dibangun dengan orang-orang lokal yang membuatnya, kurang lebih memakan waktu hampir setahun. Tahun 2011 akhir selesai, 2012 peresmiannya,” ujar Andrean Halim.

Direktorat Jenderal Agama Hindu Buddha Kementerian Agama, Joko Wuryanto secara langsung meresmikan Sleeping Buddha itu di Vihara Buddha Dharma dan 8 Phosat, Tonjong.

Patung Buddha tidur ini, kata dia, merupakan wujud penghormatan terakhir sang Buddha, melainkan bukan tertidur namun bermeditasi.

Terlihat, ini tidur berbaring ke kanan dengan tangan kanannya yang diletakkan ke pipi. Secara filosofis sendiri, tidur menghadap ke kanan ini memiliki manfaat baik untuk jantung.

Sementara itu, menjelang perayaan Imlek, yang akan dilaksanakan beberapa pekan mendatang, tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk merayakan wisata religi Imlek karena akan banyak kegiatan yang dilakukan di Vihara Buddha Dharma dan 8 Phosat. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kujungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here