Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorKomisi IV DPRD Kota Bogor Kumpulkan Seluruh Kasi Kemas, Ada Apa?

Komisi IV DPRD Kota Bogor Kumpulkan Seluruh Kasi Kemas, Ada Apa?

Bogordaily.net mengumpulkan seluruh Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Masyarakat (Kemas) tingkat kecamatan dan kelurahan se-Kota Bogor. Hal itu untuk membahas penyaluran bantuan untuk warga, kemudian memetakan masalah yang kerap dihadapi petugas, pada Selasa 24 Januari 2023.

Ketua , Akhmad Saeful Bakhri mengatakan terdapat tiga Dinas teknis penyalur program bantuan yang perlu disinergikan. Dinas tersebut yakni Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) terkait bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Dinas Sosial (Dinsos) terkait bantuan sosial dan Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait BPJS PBI-APBD Kota Bogor.

Untuk masalah terkait RTLH, kata Akhmad Saeful Bakhri, tidak adanya kordinasi antara Disperumkim Kota Bogor dengan Kementerian PUPR terkait penyaluran bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dan RTLH di Kota Bogor.

“Banyak Kasi Kemas yang mengungkapkan tidak adanya informasi ke mereka, siapa saja yang menerima bantuan BSPS ini. Sehingga, sering ditemui warga yang sudah mendapatkan BSPS juga terdaftar sebagai penerima bantuan RTLH. Ini perlu diperbaiki,” kata Akhmad Saeful Bakhri.

Pria yang akrab disapa Gus M tersebut menerangkan, keterbaruan tata cara penggunaan aplikasi Sistem Administrasi Hibah Bansos Terpadu (Sahabat) juga perlu diedukasikan kepada masyarakat. Sebab, berdasarkan peraturan walikota (Perwali) yang baru, kini hanya operator di kelurahan saja yang bisa menjalankan aplikasi Sahabat.

Hal ini, kata Gus M, menjadi penting, mengingat pada 2023 ini akan ada bantuan RTLH untuk 5000 rumah, sedangkan antrean yang sudah masuk kedalam aplikasi Sahabat mencapat 37 ribu pengajuan. Sedangkan mulai Januari hingga Maret, penginputan pengajuan masih bisa dilakukan oleh warga.

“Sehingga perlu adanya edukasi kepada warga terkait pengecekan pengajuan bantuan RTLH bisa langsung datang ke kelurahan dan operator yang di kelurahan juga perlu memberikan pelayanan terbaik kepada warga yang ingin melakukan pengecekan. Agar tidak ada salah persepsi dalam hal pelayanan,” tutup Gus M. (Muhammad Irfan Ramadan)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here