Friday, 14 June 2024
HomePolitikKPU Kota Bogor Tak Loloskan Calon PPS Terindikasi Anggota Partai

KPU Kota Bogor Tak Loloskan Calon PPS Terindikasi Anggota Partai

Bogordaily.net – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor membuka layanan tanggapan dan aduan masyarakat terkait calon anggota Suara (PPS). Hal ini diungkapkan Ketua , Samsudin, saat melaksanakan seleksi tes wawancara anggota PPS yang digelar di Kantor , Jalan Senam No 12 Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat 20 Januari 2023.

“Pertama, selain kami melakukan proses wawancara, kami juga membuka layanan tanggapan dan aduan masyarakat dari tanggal 6-17 Januari,” ucap Ketua KPU di ruangannya, Jumat, 20 Januari 2023.

Dari tanggapan atau aduan masyarakat, kata Samsudin, akan langsung ditindaklanjuti kepada yang diadukan.

“Misalnya, ada aduan dari Masyarakat ada calon anggota PPS yang juga anggota , kami langsung klarifikasi ke orang yang bersangkutan, apa betul anda anggota partai. Jika, dia benar anggota partai tentunya menjadi catatan kami di ,” ujarnya.

Selain klarifikasi, akan meminta surat secara tertulis kepada parpol yang diadukan.

“Sebab, tahu atau tidaknya dia (yang diadukan-red) anggota partai atau bukan ditunjukkan dengan Kartu tanda anggota (KTA), Jika, dia benar anggota partai, seleksi tahapan tetap berlanjut. Akan tetapi, dia nantinya tidak akan kami loloskan menjadi anggota PPS,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, 472 orang calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) pada pemilu 2024 mengikuti tes wawancara.

Ketua , Samsudin mengatakan, tahan seleksi wawancara ini diawali dengan tahapan admistrasi. Di mana calon anggota PPS itu mendaftar sebanyak 920 orang. Setelah itu, lakukan seleksi adminstratif yang lolos 558 orang.

Kemudian mereka melaksanakan tes tertulis menggunakan sistem dan metode Computer Assisted Test (CAT) dan menyisakan 472 orang.

“472 orang ini kami saring kembali menjadi 204 orang. Di mana, masing-masing Kelurahan itu tiga orang petugas PPS nya,” kata Ketua , Samsudin.

Selama tiga hari (18-19-20 Januari 2023) calon anggota PPS yang mengikuti seleksi tes wawancara 472 orang dan di bagi menjadi tiga tim dan pihaknya melaksanakan secara pararel.

Untuk seleksi tahapan wawancara, kata Samsudin, pihaknya melakukan secara paralel. Jadi, calon PPS masuk sekitar lima sampai tujuh orang keruangan dan mereka berasal dari kelurahan yang berbeda-beda.

“Hal ini agar saat mereka di wawancara tidak bersaing. Mereka bisa nyaman bereksplorasi dan menjawab pertanyaan,” ucapnya.

Pada seleksi wawancara, Samsudin menjelaskan, bahwa para peserta di beri pertanyaan soal pengetahuan, serta pengalaman dalam pemilu dan juga para peserta harus mempunyai modal kuat tiga hal yakni integritas, profesionalitas dan loyalitas.

Setelah mengikuti seleksi wawancara ini, para calon anggota PPS bisa mengetahui hasil lolos atau tidaknya bisa dilihat di pengumuman nantinya atau bisa dilihat melalui email masing-masing peserta.

“Nantinya, 204 orang yang lolos ini kami berharap mendapatkan pps yang punya integritas, profesional dan loyalitas yang baik dan tinggi kepada lembaga. Sehingga, penyelenggaraan pemilu 2024 tingkat Kelurahan di Kota Bogor bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here