Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaMalaysia Diterjang Banjir, Belasan Ribu Warga Dievakuasi

Malaysia Diterjang Banjir, Belasan Ribu Warga Dievakuasi

Bogordaily.net–  kembali diterjang . Kali ini, hampir 12 ribu warga dievakuasi karena yang diakibatkan hujan lebat dalam beberapa hari belakangan.

Dikutip dari CNN Indonesia, Badan Manajemen Bencana Nasional Malaysia (National Disaster Management Agency/NADMA) mencatat hingga , 26 Januari 2023 pukul 12.00 waktu setempat, korban sudah mencapai 11.859 orang.

Dari angka tersebut, 5.528 diantaranya berada di Johor, dan 6.331 lainnya merupakan warga yang tinggal di Sabah.

Dilansir Channel NewsAsia, angka ini mengalami peningkatan dari sehari sebelumnya. Data NADMA, menyebut korban di Johor pada Rabu, 25 Januari 2023 tercatat sudah 3.937 orang.

Di sisi lain, Departemen Meteorologi Malaysia (MetMalaysia) memperingatkan hujan masih akan terus mengguyur sejumlah kawasan hingga Senin, 30 Januari 2023.

Malaysia kerap diterjang karena angin muson yang memicu hujan lebat tiap tahun.

Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi yang juga kepala Komite Manajemen Bencana Pusat mengimbau percepatan tindakan jangka panjang untuk mengatasi .

Sementara itu beberapa waktu lalu longsor menerjang Malaysia. Korban tewas dilaporkan mencapai 26 orang hingga Rabu, 21 Desember 2022. Upaya pencarian pun dilakukan oleh tim penyelamat.

Pemerintah mengerahkan sekitar 680 personel dari berbagai badan, mulai dari pemadam kebakaran, SAR, hingga kepolisian.

Tak hanya longsor, di tempat terpisah juga melanda Negeri Jiran. Kabarnya lima orang tewas dan 70 ribu lainnya dievakuasi karena yang melanda Malaysia.***

Copy Editor: Riyaldi

 

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here