Friday, 29 March 2024
HomeBeritaMendengarkan Lagu Sedih Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Mendengarkan Lagu Sedih Punya Manfaat Bagi Kesehatan, Apa Saja?

Bogordaily.net– Saat sedang merasa sedih, baik itu karena masalah percintaan, keluarga, pekerjaan, atau apapun itu, sering kali kita senang mendengarkan galau. Ternyata mendengarkan sedih memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Berikut manfaat mendengarkan sedih bagi kesehatan seperti dikutip dari laman Klikdokter.com.

Menenangkan Hati dan Pikiran

Mendengarkan sedih dianggap membuat seseorang menjadi tambah sedih bahkan depresi, ternyata, mendengarkan sedih justru bikin perasaan jadi lebih tenang.

Meningkatkan Produksi Hormon Oksitosin dan Prolaktin

Selain itu mendengarkan sedih dapat membantu tubuh melepaskan lebih banyak hormon yang dapat memperbaiki mood seseorang menjadi lebih baik, yaitu hormon oksitosin dan prolaktin.

Bisa Merasakan Sensasi Nostalgia

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan, dengan mendengarkan musik sedih, kita dapat mengenang masa lalu (nostalgia). Dengan bernostalgia, ingatan akan masa lalu yang menyenangkan serta kenangan indah yang pernah dimiliki dapat muncul kembali ke permukaan. Hal tersebut dapat mengatasi stres dan membantu mengatasi masalah dan kesedihan yang dialami.

Belajar Memahami Sudut Pandang Lain

Manfaat sedih selanjutnya adalah kita jadi bisa belajar memahami sudut pandang lain. Terkadang, kita tidak sadar bahwa apa yang kita lakukan itu menyakiti orang lain. Nah, dengan musik tersebut, kita jadi tahu bahwa hal yang kita lakukan tidak tepat dan bisa menimbulkan luka di hatinya. Ini bisa menjadi bekal kita untuk mengambil langkah dan keputusan di kemudian hari. Kita perlu menimbangkan banyak hal demi meminimalkan kerugian buat orang lain.

Meningkatkan Rasa Empati

Mendengarkan sedih bisa membantu menumbuhkan sensitivitas dan empati kepada orang lain dan kondisi sekitar. Jika sudah tumbuh empati, cenderung lebih semangat untuk berjuang, berkorban, dan berpikiran positif. Hal ini membuat bisa membuat kita keluar dari permasalahan diri sendiri secara damai.

Dukungan Emosional untuk Diri Sendiri

Berbagai studi telah menemukan bahwa - “pahit” justru bisa membantu menstabilkan mood karena memberikan dukungan moral, baik melalui lirik maupun nadanya yang mellow. Kondisi ini sekaligus menekankan bahwa sometimes, it's okay not to be okay.

Melepaskan Perasaan Negatif

Lagu sedih rupanya mampu membantumu melepaskan perasaan dan energi negatif yang selama ini membebani pikiran. Jika itu sudah dilepaskan, yang tersisa di dalam diri tinggal emosi positif dan kamu bisa melanjutkan hari dengan lebih baik.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here