Friday, 31 March 2023
HomeNasionalPerampok Rumah Dinas Wali Kota Blitar Ditangkap, Samanhudi Dalangnya?

Perampok Rumah Dinas Wali Kota Blitar Ditangkap, Samanhudi Dalangnya?

Bogordaily.net–  Perampok ditangkap. Aksi komplotan pelaku yang menyatroni rumah dinas Santoso pada Desember 2022 lalu turut menyeret . Mantan itu diduga menjadi dalang .

Direskrimum Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto mengatakan Samanhudi telah ditetapkan sebagai tersangka kasus rumah dinas .

“Telah dilakukan penangkapan terhadap inisial S, mantan yang dikenakan Pasal 365 jo Pasal 56 KUHP berkaitan dengan membantu melakukan tindak pidana dengan memberikan keterangan lokasi, waktu, dan juga kondisi rumah dinas ,” kata Totok Suharyanto dikutip dari Detik.com, Jumat, 27 Januari 2023.

Ancaman hukumannya, kata Totok, 12 tahun penjara. Menurutnya, dalam perannya, Samanhudi dianggap terlibat dalam perampokan karena turut membantu informasi lokasi dan waktu. Namun, polisi masih melakukan pendalaman apakah perampokan itu disuruh dan didanai oleh Samanhudi.

“Memberikan informasi, selanjutnya oleh tersangka N dan satu tim lima orang itu, kemudian dilakukan tindak pidana curas di bulan Desember 2022,” imbuhnya.

Titik menjelaskan Samanhudi dan para pelaku kenal saat sama-sama ditahan di LP Sragen, Jawa Tengah. Kala itu Samanhudi menjalani tahanan dalam kasus suap Rp1,5 miliar terkait ijon proyek pembangunan sekolah lanjutan pertama.

Samanhudi divonis 5 tahun penjara pada persidangan di Pengadilan Tipikor Surabaya, Kamis 24 Januari 2019 silam.

“Peristiwa ini diawali dari tahun 2020 berkisar dari Agustus hingga Februari 2021, saat tersangka N dan A sama-sama sedang menjalani hukuman pidana di LP di Jateng,” jelasnya.

“Ketemu di situ dan memberikan infomasi, pelaku kemudian melakukan curas (perampokan) Desember 2022,” sambung Totok.

N merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan alias curas yang juga residivis yang sudah 5 kali keluar masuk penjara.

Dari hasil pemeriksaan sementara, informasi yang diberikan oleh Samanhudi kepada para pelaku adalah hal yang berkaitan dengan kondisi lokasi, tempat penyimpanan uang, dan waktu terbaik untuk melakukan aksi. Pelaku kemudian melakukan aksinya akhir tahun 2022.

Sebelumnya diberitakan perampok rumah dinas wali kota Blitar ditangkap. Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi turut ditangkap petugas Polda Jawa Timur (Jatim) lantaran diduga menjadi dalang di balik aksi perampok Wali Kota Blitar Santoso.

Samanhudi ditangkap Tim Jatanras Polda Jatim lantaran diduga terlibat perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso beberapa waktu lalu. Ia diringkus saat berada di tempat olahraga.

Sementara itu setibanya di Polda Jawa Timur, Samanhudi tampak hanya senyum-senyum. Ia mengaku tak tahu soal perampokan di rumah Santoso.

“Saya ndak tahu,” kata Samanhudi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here