Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorPerkuat Literasi, Program Studi Eksyar FAI UIKA Bogor Gelar Seminar Nasional

Perkuat Literasi, Program Studi Eksyar FAI UIKA Bogor Gelar Seminar Nasional

Bogordaily.net – Program Studi Ekonomi Syari'ah, Fakultas Agama Islam (), Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, bekerjasama dengan departemen syariah International Association of Registered Financial Consultant (IARFC) Indonesia menyelengarakan Seminar Nasional Islamic Financial Planning Day pada hari Sabtu, 7 Januari 2023 di Aula -.

Dalam seminar tersebut mengambil tema “Peran Elemen-elemen Ekosistem Ekonomi Syariah dalam Meningkatkan Literasi Keuangan dan Investasi Syariah pada Kalangan Milenials”.

Ketua Pelaksana Muhammad Satria Ramdani menyatakan bahwa, seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi tentang perencanaan keuangan syariah kepada masyarakat, termasuk kepada mahasiswa.

“Seminar ini diharapkan bisa mencetak ekonom yang memiliki spesialisasi profesional di bidang ini. Selain itu kami juga ingin para peserta dapat mempererat ukhuwah islamiyah dan kolaborasi antar elemen ekonomi syariah,” kata Muhammad Satria.

Kemudian Kepala Departemen Syariah IARFC Indonesia Arya Haris, S.A.B., M.E., RIFA menjelaskan bahwa, manfaat yang dapat diambil dari kegiatan tersebut adalah meningkatknya pemahaman untuk mencegah dari praktik investasi bodong dan pinjaman online (pinjol) illegal.

“Oleh karena itu, kami berupaya memupuk nilai-nilai tersebut. Nilai yang dipupuk ini diharapkan bisa mencegah masyarakat terhindar dari investasi bodong, terjerat pinjol, dan masalah lainnya,” ujar Arya.

Dalam kesempatan ini para narasumber sepakat untuk mengajak para peserta agar melakukan langkah-langkah konkret, seperti berinvestasi di reksadana dan saham syariah. Hal ini untuk memperkuat posisi ekonomi syariah yang ada di Indonesia.

Turut hadir pada acara tersebut H. Hilman Hakiem, S.P., M.E.I., M.M. (Ketua Prodi Ekonomi Syari'ah -), Hambari, M,IRKH (Sekretaris Prodi Hukum Keluarga Islam -), Yasser Taufik Syamlan, CIFP (Wakil Rektor IAI Tazkia), Elsa Febiola (Dewan Pakar IARFC Indonesia Departemen Syariah), Aginova (Staf Pengajar IARFC Indonesia).*

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here