Friday, 29 March 2024
HomeBeritaProfil Asnawi Mangkualam, Pemain Timnas Indonesia yang Gabung Jeonnam Dragons

Profil Asnawi Mangkualam, Pemain Timnas Indonesia yang Gabung Jeonnam Dragons

Bogordaily.net–  Asnawi Mangkualam resmi berseragam , klub sesama tim K League 2 di . Sebelumnya Asnawi merupakan pemain Ansan Greeners yang juga klub K League 2. Berikut Asnawi Mangkualam, pemain Timnas Indonesia yang bergabung dengan Jeonnam Dragons di .

Asnawi Mangkualam Bahar lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 4 Oktober 1999. Ia dikenal sebagai pesepakbola profesional asal Indonesia dan bergabung dengan tim nasional sebagai bek kanan dan gelandang bertahan.

Melansir Wikipedia, ia pernah bergabung dengan Persiba Balikpapan dan memecahkan rekor pemain termuda yang mencetak gol di Kejuaraan Sepak Bola Indonesia A 17 tahun 5 hari melawan Bali United F.C. di Stadion I Wayan Dipta.

Asnawi Mangkualam resmi bergabung dengan klub K League 2 di , Jeonnam Dragons. (Instagram/ jeonnamdragons_fc
/Bogordaily.net)

Kemudian pada 2017, Asnawi bergabung dengan PSM Makassar. Ia melakukan debutnya saat melawan Persela Lamongan pada Piala Presiden 2017. Lalu pada 2019, Asnawi dinobatkan sebagai pemain terbaik Kratingdaeng Piala Indonesia sebagai pemain muda terbaik setelah membawa timnya menjuarai turnamen tersebut.

Meski umurnya masih muda, nyatanya ia mampu dengan cepat menjadi salah satu pemain yang paling menjanjikan dan bertalenta.

Bersama Timnas Indonesia, pada 21 Maret 2017 ia berlaga saat melawan Myanmar. Meski bermain sebagai pemain pengganti, ia memecahkan rekor pemain termuda 17 tahun dan 167 hari bermain untuk Indonesia.

Pada November 2021, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Indonesia memanggil Asnawi untuk bergabung dalam pertandingan melawan Turki, Afghanistan dan Myanmar.

Kemudian pada Desember 2021, ia tercatat dalam skuat untuk menjalani Kejuaraan AFF 2020 di Singapura yang diselenggarakan 2021.

Tak berhenti di situ, pada 12 Desember 2021, Asnawi mencetak gol pertamanya dalam petandingan internasional dari titik penalti melawan Laos dan juga memberikan assist kepada Irfan Jaya untuk gol Irfan yang ke-2, dengan hasil akhir kemenangan 1-5.

Kiprah Asnawi tak hanya di Indonesia. Ia kemudian berkiprah di . Pada Januari 2021, Asnawi bergabung dengan Ansan Greeners, tim asal , yang bermain di kasta ke-2 struktur liga Korea, K League 2 atas rekomendasi Shin Tae-yong.

Sebelum debutnya dengan Ansan Greeners, kepindahannya ke klub tercatat sebagai sejarah baru baik untuk Asnawi maupun sepak bola . Pada tahun 2020 K League mengumumkan pesepak bola asal ASEAN memiliki kuotanya sendiri. Ansan Greeners pun menjadi klub pertama yang memanfaatkan peraturan tersebut.

Asnawi Mangkualam kemudian meninggalkan Ansan Greeners dan resmi bergabung dengan Jeonnam Dragons, Jumat, 27 Januari 2023.

Sebelumnya diberitakan Asnawi Mangkualam resmi bergabung dengan Jeonnam Dragons dan meninggalkan Ansan Greeners, sesama klub sepak bola di K League 2 .

“Terima kasih @ansan_greeners_fc,” tulis Asnawi Mangkualam dalam unggahan di akun Instagram-nya @asnawi_bhr, Jumat, 27 Januari 2023.

Unggahan tersebut mendapat reaksi termasuk dari Ansan Greeners yang menuliskan, “See u Asnawi,” tulis @ansan_greeners_fc.

Di laman media sosialnya, Ansan Greeners juga mengucapkan terima kasih kepada pemain Timnas Indonesia itu selama berada di Ansan.

“Saya ingin berterima kasih kepada Asnawi karena telah beradaptasi dengan cepat ke ASEAN Quarter untuk pertama kalinya di K League selama dua tahun terakhir, dan yang mengesankan penggemar sepak bola K League dan penggemar Ansan Greeners FC. Sekali lagi terima kasih atas semangat dan dedikasi Anda kepada tim di Ansan, dan kami akan mendukung masa depan Asnawi,” tulis Ansan Greeners.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here